Ragam Soto Luar Jawa

5 Fakta Menarik Coto Makassar Enak Disantap Pakai Buras

Riska Fitria - detikFood Jumat, 26 Nov 2021 12:30 WIB
5 Fakta Menarik Coto Makassar Enak Disantap Pakai Buras Foto: iStock
FOKUS BERITA Ragam Soto Luar Jawa
Jakarta -

Bukan hanya olahan seafood, Makassar juga terkenal dengan coto Makassarnya. Hidangan berkuah ini memiliki cerita menarik di balik kelezatannya.

Kepopuleran coto Makassar membuat kuliner ini sebagai ikonik kota Makassar. Coto Makassar disebut-sebut masuk ke dalam 75 jenis soto nusantara yang dimiliki Indonesia.

Tentunya coto Makassar ini memiliki ciri khas tersendiri sebagai pembeda dengan soto-soto nusantara lainnya, terutama soto luar Jawa. Bagi masyarakat Makassar, hidangan ini memiliki sejarang yang panjang.

Dimulai dari awal mula terciptanya coto Makassar, racikan hingga tentang buras yang menjadi pengganti nasi saat menyantap coto Makassar. Dan makan coto Makassar pakai buras juga ada caranya.

Berikut 5 fakta menarik tentang coto Makassar:

1. Sudah Ada sejak Tahun 1538

5 Fakta Menarik Coto Makassar Enak Disantap Pakai Buras5 Fakta Menarik Coto Makassar Enak Disantap Pakai Buras Foto: iStock

Coto Makassar merupakan makanan berkuah tertua di Makassar. Coto Makassar diperkirakan sudah ada sejak zaman Kerajaan Gowa atau tepatnya di tahun 1538.

Ada banyak versi yang menceritakan bagaimana awal mula terciptanya coto Makassar. Versi pertama menyebutkan bahwa coto Makassar ini diracik oleh seorang chef kerajaan.

Coto Makassar tersebut kemudian disajikan untuk keluarga bangsawan di kerajaan Gowa. Selain itu juga menjadi suguhan wajib di setiap upacara adat,

Sementara versi lain menyebutkan bahwa coto Makassar awalnya dibuat oleh rakyat jelata yang dibuat khusus untuk pengawal kerajaan. Dalam versi tersebut juga disebutkan kalau coto Makassar disajikan saat pagi hari.

Baca Juga: Berkunjung ke Makassar Presiden Jokowi Cicip Coto Makassar hingga Sanggara Balanda

2. Diadaptasi dari Makanan China

5 Fakta Menarik Coto Makassar Enak Disantap Pakai Buras5 Fakta Menarik Coto Makassar Enak Disantap Pakai Buras Foto: iStock

Ternyata racikan coto Makassar yang dulu berbeda dengan coto Makassar yang kini banyak ditawarkan. Racikan coto Makassar yang sekarang sudah diadaptasi dari makanan China, yaitu sambal tauco.

Dulu, Indonesia kedatangan pedagang-pedagang China yang membuat mereka akhirnya memadukan makanan lokal dengan bumbu yang mereka bawa dari negara asal mereka.

Namun juga disesuaikan dengan penggunaan rempah yang tumbuh di Makassar. Sekiranya ada sekitar 40 jenis rempah yang digunakan untuk racikan coto Makassar.

Mulai dari kemiri, cengkeh, pala, serai, lengkuas, merica, bawang merah, jahe, laos, ketumbar putih, daun jeruk purut, daun salam, gula tala, asam, kayu manis, daun prei dan masih banyak lagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Coto Makassar Iga Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Ragam Soto Luar Jawa
FOKUS BERITA Ragam Soto Luar Jawa

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com