Bakmi Ndeso

Mlekoh! Bakmi Jowo Nyemek Racikan Mas Anto Dimasak dengan Arang

Devi Setya - detikFood Minggu, 21 Nov 2021 12:00 WIB
Jakarta -

Proses masak bakmi Jawa yang masih menggunakan arang ternyata memberikan sensasi rasa yang berbeda. Seperti bakmi nyemek di warung bakmi Jawa Mas Anto. Sedap!

Salah satu tempat yang bisa disinggahi ketika sedang ngidam bakmi Jawa autentik adalah warung Mas Anto yang berlokasi di arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Di sini ada bakmi Jawa goreng, bakmi godog dan bakmi nyemek yang jadi andalan.

Warung sederhana yang buka setiap hari mulai pukul 16.00 ini menawarkan bakmi Jawa autentik. Proses masaknya masih menggunakan arang kayu sehingga menjadikan bakmi lebih harum, sedap dan bumbunya medhok meresap.

Mlekoh! Bakmi Jowo Nyemek Racikan Mas Anto Dimasak dengan ArangMlekoh! Bakmi Jowo Nyemek Racikan Mas Anto Dimasak dengan Arang Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Fiki, adik kandung mas Anto menjelaskan kakaknya membuka warung bakmi Jawa ini sejak 2014 di bilangan Radio Dalam. Kemudian berselang 2 tahun, warung bakmi ini membuka cabangnya di arteri Pondok Indah.

Lebih lanjut, Fiki juga menjelaskan bahwa warung bakminya ini adalah bisnis keluarga. Beberapa anggota keluarganya memang punya warung bakmi Jawa di Jakarta.

"Keluarga dari Jogja, iya ini bisnis keluarga turun temurun. Keluarga juga banyak yang jualan bakmi Jawa di sini (Jakarta). Tapi kalau yang punya mas Anto cuma dua, di Radio Dalam dan di Arteri Pondok Indah," jelas Fiki.

Dalam sehari warung Bakmi Jawa Mas Anto ini bisa menjual hingga 100 porsi lebih. Diakui Fiki, banyak pelanggan yang ketagihan dengan rasa serta aroma khas bakmi Jawa autentik di sini.

"Kalau kata orang-orang, di sini bakminya wangi. Pas lagi dimasak sama pas sudah matang katanya wangi. Kita cara masaknya pakai arang," lanjut Fiki.

Untuk bumbu, Fiki menjelaskan bumbunya sederhana hanya terdiri dari bawang putih, bawang merah dan kemiri. Namun ia mengatakan memiliki bumbu andalan yang juga jadi bumbu rahasia.

Untuk seporsi bakmi Jawa dimasak dengan isian suwiran ayam kampung, kekian terigu, telur ayam serta sayuran seperti kol dan daun bawang.

Kami juga membuktikan rasa dari beberapa menu andalan di sini. Benar saja, aroma harum sedap langsung menguar saat bakmi tersaji. Untuk varian bakmi nyemeknya, terasa gurih asin karena ditambahkan kaldu rebusan ayam kampung.

Mlekoh! Bakmi Jowo Nyemek Racikan Mas Anto Dimasak dengan ArangMlekoh! Bakmi Jowo Nyemek Racikan Mas Anto Dimasak dengan Arang Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Suwiran ayam dan kekian yang berlimpah membuat bakmi Jawa ini jadi makin mantap. Apalagi tersaji hangat dengan kuah kental yang biasa disebut nyemek oleh masyarakat Jawa. Bakmi nyemek ini paling pas dinikmati saat suasana dingin karena memberi sensasi menghangatkan.

Tak kalah enak, ada juga bakmi goreng, bakmi kuah hingga magelangan yang manis gurih. Sebagai pelengkap, kami menikmati bakmi ini dengan tambahan acar serta kerupuk.

Nah kalau ke warung bakmi Jawa Mas Anto jangan lewatkan Krengsengan. Olahan tulangan ayam yang dimasak dengan bumbu serta kuah kaldu. Rasanya pedas gurih dan paling pas dinikmati sebagai pelengkap saat makan bakmi.

Untuk menu bakmi di sini terbilang terjangkau, harganya mulai Rp 22 ribu hingga Rp 23 ribuan saja.

Puas makan bakmi, saatnya menikmati segelas wedang uwuh. Racikan berbagai rempah asli Imogiri ini diseduh dengan air panas dan ditambah gula batu. Rasanya segar dan siap bikin mata melek.


Saking lezatnya menu bakmi jawa di warung Mas Anto, tak heran kalau artis pun sering mampir. Ada Aura Kasih yang sudah jadi langganan hingga Ayya Renita, pemain sinetron Ikatan Cinta yang juga kepincut enaknya bakmi Jawa di sini.

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com