Bakmi Ndeso

5 Ciri Khas Bakmi Jawa, Racikannya Pakai Ayam Kampung dan Kekian Terigu

Devi Setya - detikFood Minggu, 21 Nov 2021 11:29 WIB
bakmi jawa Foto: detikcom
FOKUS BERITA Bakmi Ndeso
Jakarta -

Sulit rasanya menolak seporsi bakmi Jawa. Mie autentik asli Yogyakarta ini dimasak dengan arang yang bikin sedap. Isiannya ada daging ayam kampung dan kekian terigu.

Saking banyaknya penggemar bakmi Jawa, kini mudah menemukan penjual bakmi Jawa di Jakarta dan sekitarnya. Namun tidak semua bisa menyajikan bakmi Jawa autentik, apalagi untuk yang berlokasi di luar Jawa Tengah.

Ada beberapa ciri bakmi Jawa autentik yang mudah dikenali. Selain bumbu yang medok, bakmi Jawa juga diracik menggunakan tambahan ayam kampung dan telur bebek. Dan yang tak bisa tergantikan adalah proses masaknya masih menggunakan api arang kayu.

Meskipun terbilang agak lama, tapi proses masak menggunakan arang kayu ini menjadikan bakmi Jawa lebih kaya rasa. Aromanya semakin harum dan bumbu campurannya pun terasa lebih medhok.

Berikut beberapa ciri khas bakmi Jawa autentik:

1. Dimasak menggunakan arang

Ciri pertama untuk mengenali bakmi Jawa asli adalah lewat proses memasaknya. Bakmi Jawa dimasak menggunakan arang kayu. Biasanya pedagang bakmi Jawa mengandalkan anglo atau tungku tradisional yang terbuat dari tanah liat.

Anglo ini digunakan untuk menampung arang kayu. Bakmi dimasak di atas anglo secara perlahan. Karena panas arang tidak sebesar api kompor jadi tak heran kalau bakmi Jawa membutuhkan waktu lebih lama ketika dimasak.

Adi, pemilik warung Bakmi Jawa Rodjo Roso mengatakan aroma bakmi akan jauh berbeda ketika dimasak menggunakan arang dan menggunakan kompor. "Prosesnya lebih lama tapi rasanya jauh berbeda. Lebih enak pakai arang, bakmi Jawa yang asli memang pakai arang. Di Yogyakarta semua pakai arang masaknya," ujar Ade kepada DetikFood (17/11).

Jadi kalau mau menikmati seporsi bakmi Jawa autentik harus sabar karena memasaknya membutuhkan waktu lama. Apalagi biasanya pesanan tidak dimasak sekaligus banyak tetapi per satu atau dua porsi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kedai Ini Tawarkan Mie Jawa yang Rasanya Sama Seperti di Jogja"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Bakmi Ndeso
FOKUS BERITA Bakmi Ndeso

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya