7 Makanan Mahal Ini Ternyata Dulunya Makanan untuk Orang Miskin!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Nov 2021 19:00 WIB
5 Fakta Caviar, Telur Ikan Super Mahal yang Jadi Favorit Sisca Kohl Foto: iStock

3. Escargot

Escargot adalah makanan Prancis berbahan siput yang identik mewah dan mahal. Biasanya escargot dijual di restoran-restoran Prancis kelas atas. Namun siapa sangka dulunya orang-orang tak mau makan siput karena dianggap kotor dan menjijikkan.

Hingga akhirnya para bangsawan Prancis mengolah siput dengan bumbu mentega harum menjadi escargot. Dari sinilah popularitas escargot menanjak tajam dan bahkan sekarang dikenal sebagai makanan mewah.

4. Salmon

5 Fakta Garis-garis Putih yang Ada pada Daging Ikan SalmonFoto: iStock

Di Indonesia dan luar negeri, salmon masih identik sebagai jenis ikan mahal. Salmon memiliki daging yang lembut dan rasa nikmat yang khas. Salmon enak dimakan mentah maupun matang menjadi beragam hidangan.

Dulunya salmon adalah ikan yang sangat murah. Salmon banyak dikonsumsi para pelayan di Inggris dan Irlandia sekitar tahun 1950-an. Mereka bahkan enggan memakan salmon sering-sering, sampai ada perjanjian kerja bahwa mereka makan salmon seminggu sekali saja.

5. Jamur portobello

Pencinta jamur tentu tak asing dengan jamur portobello. Bentuknya bulat seperti kancing besar dengan rasa umami yang puaskan selera. Saat ini jamur portobello banyak diolah menjadi makanan mewah di restoran-restoran premium.

Nyatanya, dulu sebelum tahun 1980-an, banyak orang tak mau makan jamur portobello. Bentuknya dianggap jelek dan sulit dijual di pasaran. Namun suatu hari, harga jamur ini meroket setelah jamur portobello 'lahir' dengan nama baru yaitu mengusung bahasa Italia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Steak Kelas Hotel Bintang Lima, Harga Kaki Lima"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com