Ngakak! Gegara Nasi Terong Penyet Ganti Nama Harganya Naik Fantastis

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 24 Sep 2021 12:30 WIB
Ngakak! Gegara Nasi Terong Penyet Ganti Nama Harganya Naik Fantastis Foto: Kismin Boys
Jakarta -

Harga makanan jadi mahal gegara namanya diganti meski komposisi bahannya sama. Kali ini muncul versi mewahnya dari menu nasi terong penyet yang bikin ngakak.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa banyak makanan khas Indonesia yang sebenarnya harganya murah. Namun harganya berubah menjadi fantastis, setelah nama menu makanannya dipoles sedikit menjadi lebih modern, apalagi jika diubah ke dalam bahasa Inggris.

Sejak dulu perdebatan antara beda nama makanan bikin beda harga, memang bukan topik yang baru lagi. Tapi setiap kali topik ini muncul kembali ke permukaan, banyak netizen yang tak bisa menahan tawa sekaligus jengkel sendiri melihat harga makanan murah jadi mahal.

Salah satunya seperti akun sharing @kismin666oys asal Denpasar, Bali, yang terkenal sering membagikan cuitan lucu hingga konten yang menarik dan menghibur.

Kismin Boys kali ini membahas tentang perbedaan antara harga nasi terong penyet, yang harganya berubah mahal setelah dibuat jadi ala-ala makanan gaya Jepang.

Ngakak! Gegara Nasi Terong Penyet Ganti Nama Harganya Naik FantastisNgakak! Gegara Nasi Terong Penyet Ganti Nama Harganya Naik Fantastis Foto: Kismin Boys

Baca Juga: Telur Ayam Harga Rp 1.500 Vs Rp 7.500, Gimana Rasanya?"

"Nasi putih terong penyet Rp 9.000 VS Vegan unagi rice bowl IDR 69K," tulis sang admin, lengkap dengan unggahan dua foto yang satu menampilkan nasi dengan terong goreng, lengkap sambal penyet di atasnya yang sederhana.

Sementara di sisi kanannya, tampil terong kekinian gaya Jepang, yang disebut sebagai 'unagi' atau belut khusus untuk orang vegan yang juga dilengkapi dengan nasi putih atau rice bowl.

Meski sekilas tampilannya cukup berbeda, tapi yang paling disorot adalah perbedaan harganya yang naik drastis. Setelah nasi terong penyet diubah jadi vegan unagi rice bowl gaya Jepang. Selisihnya sampai Rp 69.000.

Padahal bahan makanan yang dibutuhkan tetap sama. Keduanya sama-sama menggunakan nasi putih polos, serta potongan terong yang dibelas dua. Bedanya hanya terletak pada piring dan mangkuk.

Serta nasi terong penyet kelas rakyat jauh lebih menarik, karena tambahan sambal penyet merah di atasnya. Sementara versi elite atau versi mahal dari nasi terong penyet ini, tampil lebih sederhana dengan terong yang kecokelatan dengan tambahan kecap Jepang yang manis gurih.

Walau cuitan ini sifatnya hanya candaan semata, tentang realita harga makanan murah di Indonesia yang langsung mahal ketika nama menunya diganti ke bahasa Inggris. Banyak netizen yang dibuat ngakak dengan cuitan dan perbandingan foto ini.

Dalam waktu singkat, cuitan makanan beda nama beda harga ini berhasil disukai lebih dari 24,8 ribu kali. Serta dibagikan oleh 5,9 ribu pengguna.

"Ngakak, tapi emang iya sih. Makanan Indonesia kalau pakai bahasa Inggris pasti harganya langsung mehong (mahal) ya," komen @hwer**.

Terong Balado, Indonesian food. Fried eggplant with chili sauceTerong Balado, Indonesian food. Fried eggplant with chili sauce Foto: iStock

"Mirip kaya fenomena gado-gado kalo ganti nama jadi vegetable salad with peanut sauce, harganya langsung mahal banget ini sih wkwkwk," kenang @dreamslf****.

"Jujur sih di mata gue, dari penampilan aja yang keliatan lebih enak ya nasi terong pake sambel penyet. Dibandingin rice bowl unagi vegan hahaha," sambung @anta****.


Selain netizen yang mengkomentari perbedaan harga hanya karna beda nama makanan. Banyak juga netizen yang komplain, kenapa harga nasi dan terong penyet bisa mahal sampai Rp 9.000, yang dijawab oleh admin Kismin Boys bahwa kisaran harga nasi terong penyet di Bali memang lebih mahal dibandingkan nasi sayur di Jawa.

Ngakak! Gegara Nasi Terong Penyet Ganti Nama Harganya Naik FantastisNgakak! Gegara Nasi Terong Penyet Ganti Nama Harganya Naik Fantastis Foto: Kismin Boys

"Sama buat yang salah fokus atau salah ngerti, kenapa terong disamain sama unagi yang artinya belut dalam bahasa Jepang. Ya karna ini tema makanannya emang vegan bro, jadi karena orang vegan gak bisa makan belut, mereka ganti lah sama terong yang katanya rasa sama bentuknya mirip-mirip tipis sama unagi belut asli," jelas @kiblekas****.

Unagi sendiri merupakan salah satu hidangan khas Jepang yang terbuat dari belut yang dipanggang. Kemudian disajikan dengan nasi putih hingga sup miso hangat sebagai pelengkap.

Sementara bagi orang vegan, ikan belut dalam hidangan 'unagi' versi vegan menggunakan terong yang dikukus sampai lembut sebelum dibumbui agar rasanya mirip seperti unagi asli.

Selain nasi terong penyet, banyak makanan lainnya yang ganti harga setelah namanya diubah. Dari nasi goreng sampai ayam geprek.

Baca Juga: Kumpulan Meme Kocak Ini Buktikan Beda Nama Makanan Jadi Beda Harga



Simak Video "Bikin Laper: Soto Padang yang Penuh Rempah dan Tetelan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com