Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 18 Nov 2021 16:00 WIB
Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu! Foto: TikTok @richlife1688 via Mothership SG
Jakarta -

Kejadian getok harga tak hanya di warung kaki lima, tapi juga di hotel mewah. Netizen ini harus membayar Rp 197 ribu hanya untuk dua porsi nasi putih yang dipesannya.

Getok harga dilakukan penjual nakal yang menaikkan harga menu sampai terlalu mahal. Biasanya peristiwa getok harga terjadi di warung-warung makan kaki lima.

Hal ini lantaran penjual tak memajang atau menginformasikan harga menu di tempatnya. Pengunjung yang main pesan makanan akhirnya mengalami getok harga untuk menu yang sudah mereka nikmati.

Meski biasanya terjadi di warung makan kaki lima, ternyata kejadian serupa getok harga juga bisa dirasakan di hotel mewah. Pada layanan kamar, pihak hotel menawarkan ragam makanan dengan harga jauh lebih tinggi dari harga sepatutnya.

Informasi harga ini memang sudah dicantumkan di buku menu sehingga pembeli berarti setuju jika memesan makanan tersebut. Namun tetap saja harganya yang sangat mahal bisa bikin tamu hotel mengernyitkan dahi saat harus terpaksa membelinya.

Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu!Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu! Foto: TikTok @richlife1688 via Mothership SG

Hal ini dialami netizen TikTok di Singapura, @richlife1688. Mengutip Mothership SG (17/11/21), netizen ini sedang menginap di hotel bintang 5 di negeri Singa yaitu Marina Bay Sands (MBS).

Ia memanfaatkan layanan pesan makan dari kamar untuk memesan dua porsi nasi putih. Betapa terkejutnya dia ketika melihat struk pembayaran.

Masing-masing nasi putih dibanderol SGD 8 atau sekitar Rp 84 ribu. Lalu ada biaya layanan dan pajak yang membuat total harga dua nasi putih ini SGD 18,83 atau sekitar Rp 197 ribu!

Netizen ramai memberikan komentar atas unggahan @richlife1688. Kebanyakan mereka menilai harga nasi putih tidak sepadan karena sangat mahal.

Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu!Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu! Foto: TikTok @richlife1688 via Mothership SG

"Dengan harga itu bisa beli merek beras 5 kg yang bagus," ujar seorang netizen. "Nasi di MBS terbuat dari emas," sahut netizen lainnya.

Lalu ada juga yang tak rela harus membayar nasi Rp 197 ribu jika jadi diri @richlife1688. "Saya lebih mending makan rumput daripada mengeluarkan uang untuk harga nasi segitu," kata seorang netizen.

Melihat deretan menu di MBS, pihaknya memang menawarkan sangat banyak menu. Pilihannya dari makanan Asia Selatan hingga makanan Barat/internasional.

Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu!Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu! Foto: TikTok @richlife1688 via Mothership SG

Harganya memang dicantumkan di buku menu. Tak hanya nasi putih, harga menu lainnya memang tergolong mahal. Mulai dari nasi Hainan ayam seharga SGD 28 (Rp 293 ribu), nasi goreng kampung SGD 29 (Rp 304 ribu), hingga beef burger SGD 34 (Rp 356 ribu).

Sebelumnya, kejadian getok harga yang bikin heboh terjadi di Indonesia. Di sepanjang jalur Bogor-Puncak, beberapa penjual makanan nakal menaikkan harga menu seenaknya.

Ada yang dikenai harga Rp 54 ribu untuk makan dua mie instan rebus dan dua es teh manis, hingga Rp 250 ribu untuk makan di angkringan. Kejadian inipun membuat banyak netizen lain ikut emosi.



Simak Video "Nasib Kripto Pasca Fatwa Haram MUI"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya