Ini Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di Dunia

Devi Setya - detikFood
Rabu, 17 Nov 2021 19:00 WIB
Ini Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di Dunia
Foto: Getty Images/MEDITERRANEAN

4. Jamon iberico makanan sehat

Kebanyakan produk daging merah, termasuk daging babi, biasanya tidak sehat karena mengandung lemak yang tinggi. Namun tidak dengan jamon iberico yang justru terbilang makanan sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa biji ek yang dimakan oleh babi iberico adalah sumber asam oleat. Ini adalah zat yang sama yang ditemukan dalam buah zaitun. Asam oleat disimpan dalam lemak ham dan merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang terbukti menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Ini Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di DuniaIni Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di Dunia Foto: Getty Images/MEDITERRANEAN

5. Impor jamon iberico ke Amerika pernah dianggap ilegal

Sebelum tahun 2005, tidak ada jamon iberico yang bisa masuk ke Amerika Serikat kecuali dengan cara diselundupkan. Tak satu pun dari rumah jagal Spanyol yang mendapat persetujuan FDA.

Saat itu hanya satu produsen yang mampu memenuhi kebutuhan impor jamon iberico yaitu Embuditos Fermin dari wilayah Salamanca. Meskipun produsen Spanyol sudah bekerja memenuhi syarat yang ditentukan FDA namun undang-undang yang semakin ketat membuat bahan pangan ini sulit menembus pasar Amerika Serikat.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Donat Kukus Semangka Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)