Ini Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di Dunia

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Nov 2021 19:00 WIB
Ini Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di Dunia Foto: Getty Images/MEDITERRANEAN

2. Diproses secara tradisional

Ham jamon iberico diproduksi dengan cara tradisional hingga di zaman modern seperti sekarang ini. Bagian paha babi diproses dalam jangka waktu sangat lama untuk menjamin kualitas rasanya.

Bagian paha babi yang sudah dipotong kemudian dilumuri garam laut dari Andalusia dan kemudian disimpan dengan cara digantung selama kurang lebih 3 tahun. Proses pengasaman daging yang sangat lama ini menghasilkan rasa yang lebih kompleks. Semakin tua umur simpan ham ini maka semakin mahal harganya.

Ini Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di DuniaIni Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di Dunia Foto: Getty Images/MEDITERRANEAN


3. Spanyol produsen dan konsumen ham terbesar di dunia

Tak heran kalau jamon iberico berasal dari Spanyol karena masyarakat Spanyol terkenal sebagai produsen sekaligus konsumen ham terbesar di dunia. Dilansir dari Fox News (16/11) dalam setahun, Spanyol menghasilkan hingga 40 juta ham.

Dari seluruh total ham yang diproduksi, hanya 5 persen yang murni terbuat dari daging ham jamon iberico. Ada empat wilayah yang menjadi pusat produksi jamon Iberico di Spanyol. Wilayah ini adalah Guijuelo, Huelva, Valle de los Pedroches, dan Extremadura.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Dessert Box Alpukat Crumble Wafer Cokelat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com