Kopi 'Cold Brew' vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya?

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Nov 2021 06:00 WIB
Kopi Cold Brew vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya? Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Panova

2. Benarkah kandungan kafein kopi cold brew lebih tinggi?

Joseph Riverra dari coffeechemistry.com menjelaskan faktor utama larutnya kadar kafein dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya suhu. Secara signifikan kafein akan larut lebih banyak pada temperatur yang lebih tinggi.

Ketika kopi dengan jenis sama dan jumlah sama diseduh dengan air panas dan air dingin maka kandungan kafeinnya akan berbeda. Joseph Rivera menjelaskan kafein dalam kopi seduhan air panas akan memiliki kafein lebih tinggi.

"Saat menyeduh kopi hangat, jumlah kafein akan lebih banyak ketimbang pada cold brew," jelas Joseph Rivera.

Kopi 'Cold Brew' vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya?Kopi 'Cold Brew' vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya? Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Panova

3. Kandungan kafein dipengaruhi banyak hal

Kandungan kafein dalam segelas kopi sebenarnya bukan hanya dipengaruhi oleh teknik seduh saja. Banyak hal yang mempengaruhi kafein dalam kopi. Seperti jenis kopi yang digunakan, takaran porsi kopi sebelum diseduh, jenis roasting kopi hingga tingkat kehalusan bubuk kopi.

Kafein memiliki sifat larut air, dan makin panas air yang digunakan untuk menyeduh, lebih banyak kafein terekstraksi. Namun lagi-lagi kandungan kafein tidak bisa ditebak. Bahkan dalam dua gelas kopi dari biji kopi yang sama pun akan memiliki kandungan kafein yang berbeda.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com