Kopi 'Cold Brew' vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya?

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Nov 2021 06:00 WIB
Kopi Cold Brew vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya? Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Panova
Jakarta -

Kopi populer sebagai salah satu minuman yang mengandung kafein. Tetapi apakah benar kandungan kafein dalam kopi cold brew dan kopi yang diseduh dengan air panas berbeda?

Kopi bukan hanya bisa diseduh dengan air panas tapi juga bisa menggunakan air dingin, teknik ini dikenal sebagai kopi cold brew. Kopi cold brew selalu disajikan dingin. Berbeda dengan kopi seduhan panas yang bisa disajikan panas maupun dingin.

Soal rasa, aroma dan konsistensi antara kopi seduhan panas dan kopi cold brew jelas berbeda. Lantas bagaimana soal kandungan kafein dalam dua jenis kopi ini?

Dilansir dari CoffeeAffection (15/11) menurut sebuah studi yang diterbitkan pada Maret 2020, terungkap bahwa kopi yang diseduh dengan air panas memiliki kandungan kafein lebih tinggi. Penelitian ini melibatkan jenis biji kopi asal Kolumbia.

Dalam hasil penelitian ini mengungkap beberapa aspek seperti perbedaan kandungan kafein, aktivitas antioksidan hingga pH dari dua teknik seduhan kopi ini.

Berikut penjelasan soal kandungan kafein dalam kopi cold brew dan kopi yang diseduh panas:

1. Teknik cold brew

Sesuai dengan namanya, kopi cold brew diseduh dengan air dingin. Berbeda dengan minuman es kopi yang biasanya diseduh dengan air panas baru kemudian diberi tambahan es batu. Cold brew benar-benar tidak menggunakan air panas sama sekali.

Dibutuhkan kesabaran ekstra saat menyeduh kopi dengan teknik cold brew karena prosesnya lumayan panjang. Kopi cold brew tidak bisa langsung diolah dan dinikmati layaknya kopi seduhan air panas. Dibutuhkan waktu belasan jam untuk mendapatkan sebotol kopi cold brew.

Kopi cold brew dibuat dengan alat seduh khusus. Bubuk kopi ditempatkan dalam wadah yang kemudian ditetesi air dingin sedikit demi sedikit. Proses inilah yang membuat sensasi rasa dan aroma kopi berbeda.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com