Bakmi Ndeso

Rasanya Spesial! 5 Warung Bakmi Jawa Ini Jadi Langganan Presiden

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 16 Nov 2021 12:00 WIB
Rasanya Spesial! 5 Warung Bakmi Jawa Ini Jadi Langganan Presiden
Foto: Istimewa
Jakarta -

Kelezatan bakmi Jawa yang gurih hangat mampu menyihir siapapun yang mengonsumsinya. Para presiden RI bahkan jadi langganan tetap di lima warung bakmi Jawa ini.

Bakmi Jawa dikenal dengan rasanya yang gurih nikmat dengan siraman kaldu kental. Paling enak menikmati bakmi Jawa selagi hangat. Hidangan khas dari Jawa Tengah ini memang tak pernah salah untuk dinikmati dalam berbagai suasana terutama saat santap bersama keluarga.

Isian bakmi yang lengkap seperti suwiran ayam hingga telur membuat rasa bakmi semakin enak saat menyentuh lidah. Terlebih pada warung-warung bakmi Jawa legendaris yang mempertahankan cita rasanya, biasanya penjual masih memasak bakmi menggunakan anglo dan dimasak satu per satu agar tak berubah rasanya.

Saking lezatnya, hidangan bakmi Jawa bahkan menjadi menu yang difavoritkan oleh banyak Presiden Republik Indonesia beserta para pejabat negara. Bahkan ada lima warung bakmi paling legendaris dan seringkali dikunjungi oleh Presiden RI yang juga memboyong serta seluruh anggota keluarga untuk menikmati lezatnya bakmi Jawa di beberapa warung.

Berikut ini 5 warung bakmi Jawa legendaris yang jadi langganan presiden:

Rasanya Spesial! 5 Warung Bakmi Jawa Ini Jadi Langganan PresidenRasanya Spesial! 5 Warung Bakmi Jawa Ini Jadi Langganan Presiden Foto: Istimewa

1. Bakmi Harjo Geno

Hadir sejak tahun 1951, bakmi yang dirikan oleh Pak Harjo Geno menjadi warung bakmi favorit Presiden ke-2 Republik Indonesia, yaitu Soeharto. Foto-foto pemilik warung bakmi, Harjo Geno dan Soeharto bahkan bisa dilihat langsung di dinding-dinding warung bakmi.

Bakmi Harjo Geno menjadi begitu spesial karena penggunaan telur bebek serta irisan ayam kampung yang menjadi isiannya dan membuat rasa bakmi menjadi begitu sempurna di lidah. Berbeda dengan di tempat lain yang cenderung ingin lebih cepat, bakmi di sini dimasak secara satu persatu untuk mempertahankan kualitas rasanya.

Berlokasi di Jalan Mangkuyudan, Mantrijeron, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, setiap harinya warung bakmi Pak Geno buka mulai pukul 18.00 hingga 24.00. Ada tiga menu yang disajikan di sini, yaitu bakmi magelangan, bakmi goreng serta bakmi rebus yang harganya dibanderol rata Rp 20 ribu.

Baca juga: Atlet Bulutangkis Indonesia Open Kegirangan Disuguhi Banyak Indomie

2. Bakmi Pak Dul

Warung bakmi yang telah berdiri sejak 41 tahun lalu ini menjadi langganan para Presiden Republik Indonesia. Nur, anak dari pemilik warung bakmi mengatakan bahwa warung milik ayahnya ini seringkali dikunjungi oleh banyak tokoh nasional yang tengah berkunjung ke Surakarta.

Mulai dari Megawati Soekarnoputri, Djarot Saiful, Rano Karno, Basuki Hadimuljono hingga banyak sederet tokoh nasional yang tak pernah melewatkan Bakmi Pak Dul saat berkunjung ke Surakarta. Tak hanya itu, warung bakmi yang begitu menjaga kualitas rasanya hingga hari ini juga diketahui warung bakmi langganan keluarga Presiden Joko Widodo saat pulang ke Surakarta.

Berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Pasar Kliwon, Surakarta, setiap harinya warung bakmi legendaris ini bukan mulai pukul 17.00 dana kan terus dipadati pengunjung hingga tutup pada pukul 24.00. Seporsi bakmi yang gurih dan hangat di sini bahkan hanya dibanderol sebesar Rp 30 ribu dan kamu juga bisa menikmati berbagai pelengkap lainnya seperti gorengan hingga lidah goreng.

Rasanya Spesial! 5 Warung Bakmi Jawa Ini Jadi Langganan PresidenRasanya Spesial! 5 Warung Bakmi Jawa Ini Jadi Langganan Presiden Foto: Istimewa

3. Bakmi Bu Citro

Warung bakmi Jawa yang telah hadir sejak tahun 1970 digadang-gadang menjadi warung bakmi favorit ibu negara, Iriana Joko Widodo. Saat pulang ke Solo, dikatakan ibu Iriana akan mampir untuk makan bakmi di sini dan mengajak serta seluruh keluarganya untuk makan bersama.

Pengakuan ini juga diungkapkan oleh generasi pertama dari pemilik asli Bakmi Bu CItro, Yuli. Ia mengatakan bahwa ibu Iriana paling gemar memesan banyak jenis makanan. Mulai dari bakmi goreng campur bihun hingga capcay goreng.

Berlokasi di Jalan Pulanggeni No.40, Surakarta, warung bakmi yang satu ini melayani pelanggannya mulai pukul 10.00 hingga 23.00. Ternyata walaupun memiliki kelezatan rasa yang terjaga hingga saat ini dan telah menjadi langganan keluarga orang nomor 1 di Indonesia, harga yang dibanderol tetap begitu membumi. Seporsi bakmi dan makanan lainnya yang disajikan di sini dibanderol dengan harga Rp 19 ribu saja.

Baca juga: Langganan Mendiang Presiden Soeharto, 5 Kuliner Legendaris Ini Tetap Eksis

4. Bakmi Mbah Gito

Warung makan bergaya tradisional dan kental dengan nuansa budaya Yogyakarta juga tak kalah spesial dengan bakmi langganan presiden yang lainnya. Setiap porsi bakmi yang dipesan oleh pelanggan di sini akan dimasak satu persatu dengan sangat hati-hati dan diperhatikan kualitas rasanya menggunakan anglo tradisional yang telah digunakan sejak kehadiran awalnya di tahun 2008.

Warung bakmi yang telah berdiri selama 13 tahun ini menjadi warung bakmi langganan Presiden Soeharto saat berkunjung ke Yogyakarta. Tidak hanya Presiden Soeharto, ternyata dikabarkan juga banyak pejabat negara yang hobi menyambangi warung bakmi bernuansa budaya Jogja di sini. Warung bakmi ini bahkan digadang-gadang selalu ada dalam daftar perjalanan para pejabat negara saat mengunjungi kota Sultan tersebut.

Berlokasi di Jalan Nyi Ageng Nis No.9, Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta, warung bakmi Mbah Gito akan mulai menyalakan anglonya pukul 11.00 hingga 21.00. Tidak mematok harga mahal, untuk bisa makan di sini kamu cukup merogoh kocek berkisar RP 20 ribu hingga Rp 40 ribu untuk makanan dan Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu untuk minumannya.

Rasanya Spesial! 5 Warung Bakmi Jawa Ini Jadi Langganan PresidenRasanya Spesial! 5 Warung Bakmi Jawa Ini Jadi Langganan Presiden Foto: Istimewa

5. Bakmi Pak Minto

Warung bakmi kaki lima yang sudah hadir sejak tahun 1964 ini menjadi tempat makan favorit bagi Presiden Soeharto dan Presiden Megawati yang berada di Jakarta. Dijajakan di bawah tenda sederhana di pinggir jalan, kelezatan bakmi Pak Minto in begitu terkenal hingga masih ramai dipadati pelanggannya sampai hari ini.

Disajikan dalam porsi yang cukup besar, menu bakmi jawa goreng daging ayam menjadi andalan di sini dan selalu ludes diburu pembeli. Aroma bawang putihnya yang kuat serta rasa bumbu yang cenderung lebih pedas menjadi daya tarik bakmi jawa khas buatan pak Minto. Jika ingin mencicipinya kamu harus sabar untuk mengantre karena setiap porsi bakmi akan dibuat satu per satu,

Berlokasi tepat di tepi stasiun Gondangdia, Jalan KH. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Bakmi Pak Minto ini akan mulai membuka tendanya pukul 18.00 hingga 24.00. Seporsi bakmi jawa yang gurihnya legendaris ini hanya dibanderol Rp 20 ribu saja.

Baca juga: 5 Fakta Mie Gacoan yang Ribut dengan Driver Ojol di Yogyakarta



Simak Video "Kedai Ini Tawarkan Mie Jawa yang Rasanya Sama Seperti di Jogja"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)