ADVERTISEMENT

7 Makanan yang Harganya Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 16 Nov 2021 14:00 WIB
ilustrasi soto betawi
Foto: shutterstock
Jakarta -

Keterbatasan bahan hingga pengetahuan untuk memasak membuat sebuah hidangan bisa dijual mahal di luar negeri. Seperti tujuh makanan khas Indonesia ini yang dijual mahal di luar negeri.

Hidangan khas yang disajikan di suatu daerah biasanya akan menggunakan bahan-bahan yang juga khas dari daerah tersebut. Bahan-bahan yang digunakan sebagai bumbu dasar utama pada hidangan khas ini juga bisa saja sulit untuk ditemukan di daerah lain.

Misalnya hidangan atau makanan khas Indonesia yang sulit untuk disajikan dengan rasa yang otentik di luar negeri. Penggunaan banyak bumbu dan rempah khusus membuat suatu makanan atau hidangan punya ciri khas rasa yang kuat termasuk makanan khas Indonesia.

Ketidaktersediaan bahan-bahan yang melimpah membuat beberapa makanan atau hidangan khas menjadi mahal harganya jika disajikan di daerah yang bukan asalnya. Begitupun dengan cara memasaknya yang butuh teknik khusus. Hal ini contohnya terjadi pada beberapa makanan khas Indonesia yang dijual dengan harga yang sangat mahal di luar negeri.

Berikut ini 7 makanan Indonesia yang dibanderol dengan harga tinggi di luar negeri:

Indomie Masuk dalam Daftar 10 Merek yang Paling Digemari di DuniaFoto: iStock

1. Mie Instan

Salah satu produk mie instan yang berasal dari Indonesia bahkan pernah dinobatkan sebagai mie instan dengan rasa terbaik yang mampu mengalahkan produk mie instan dari negara lain. Adalah Indomie, produk mie instan kemasan yang bahkan masuk ke dalam 10 merek terbaik di dunia yang banyak penggemarnya.

Jika di Indonesia Indomie dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.500, beda hal nya dengan Indomie yang diekspor ke luar negeri. Di Jepang, sebungkus Indomie dibanderol hingga Rp 12 ribu per bungkusnya bahkan yang paling ekstrem adalah harga Indomie di Ghana yang begitu tinggi sampai bisa digunakan sebagai alat transaksi pembayaran pekerja seks komersial.

2. Rendang

Makanan khas Indonesia yang dinobatkan sebagai makanan paling enak nomor 1 di dunia ini juga punya banyak penggemar. Jika di Indonesia dengan paket nasi Padang Rp 20 ribu kamu bisa mendapatkan sepotong daging rendang, lain ceritanya jika kamu ingin makan rendang di luar negeri.

Salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang menetap di Belanda menjalani bisnis pemesanan rendang khas Indonesia. Dalam satu kali periode pemesanan dirinya bisa mendapatkan pesanan hingga 15 kilogram rendang. Sebanyak 15 kilogram rendang yang dijual ia bisa meraup omzet hingga Rp 9 juta yang artinya per kilogram rendang dibanderol sekitar Rp 600 ribu.

Baca juga: Bikin Pesanan Rendang 15 Kg di Belanda, Wanita Ini Raup Rp 9 Juta!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT