ADVERTISEMENT

Peringati Hari Pahlawan, Ini 7 Makanan Surabaya yang Uenak Poll!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 10 Nov 2021 12:00 WIB
Resep Lontong Balap Surabaya
Foto: detikfood/odilia
Jakarta -

Hari Pahlawan jatuh tepat di hari ini ditandai dengan peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Kamu bisa mengingat Hari Pahlawan lewat 7 kuliner Surabaya yang uenak poll.

Surabaya menjadi kota bersejarah dengan latar belakangi oleh pertempuran 10 November 1945 antara Indonesia dan pasukan Inggris. Dikenang sebagai peringatan Hari Pahlawan yang tepat dirayakan hari ini (10/11).

Untuk memperingati Hari Pahlawan, kamu bisa mengingatnya dengan menikmati kuliner enak di Surabaya. Kuliner ikonik ini sudah puluhan tahun jadi ciri khas Surabaya. Ada rawon, nasi krawu hingga lontong kupang.

Berikut 7 makanan Surabaya yang paling enak.

1. Rujak Cingur

Rujak cingur di Cak Durasim SurabayaRujak cingur di Cak Durasim Surabaya Foto: Gracella Sovia Mingkid

Namanya sesuai dengan bahan utama yang dipakai yaitu cingur atau cungur yang artinya hidung. Tekstur kenyal lembut cingur sapi ini diracik dengan sayuran seperti kangkung dan tauge rebus. Kemudian dilengkapi dengan irisan nanas, kedondong, bengkuang dan nanas.

Bumbu rujaknya selain memakai cabe, kacang tanah halus juga ditambahkan pisang batu dan petis udang. Bumbunya disiramkan di atas rujak dan diberi kerupuk kanji sebagai pelengkap wajib. Jika kamu tak suka cingur, sekarang banyak penjual yang menyediakan pipi sapi.

Salah satu tempat favorit untuk menikmati rujak cingur adalah Rujak Cingur Ganteng Durasim. Satu porsi rujak cingur ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 17.000.

2. Rawon

Suedep Puol! Cicip Rawon Empal dan Rawon Daging di Probolinggorawon Foto: detikcom/Riska Fitria

Rawon juga salah satu makanan Surabaya yang populer. Berupa potongan daging berlemak yang dimasak dengan bumbu kluwek dan campuran rempah lain. Hidangan ini juga pernah dinobatkan sebagai sup terenak se-Asia 2020 versi TasteAtlas.

Rawon yang gurih hangat ini biasanya disajikan dengan kecambah atau tauge pendek, daun bawang, kerupuk udang, telur asindan sambal. Kamu juga bisa menikmatinya dengan tambahan lauk seperti perkedel dan baceman jeroan.

Tempat makan rawon bisa sangat mudah kamu temui di Surabaya. Kalau sedang mengunjungi Surabaya, bisa cicipi kelezatan rawon di Rawon Nguling, Rawon Setan, Rawon Kalkulator, hingga Rawon Pak Pangat.

Baca Juga: Resep Mie Kopyok Semarang yang Sederhana dan Pedas Segar Rasanya



Simak Video "Bikin Laper: Santapan Serba Rawon hingga Empal Gentong"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT