Kepiting Mentah Korea Lagi Viral, Ini 5 Fakta Menarik di Baliknya

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 09 Nov 2021 19:00 WIB
Kepiting Mentah Korea Lagi Viral, Ini 5 Fakta Menarik di Baliknya Foto: Getty Images/iStockphoto

2. Nutrisi Kepiting Mentah

Di Korea Selatan, sejak turun temurun gejang dipercaya sebagai makanan yang paling baik untuk dikonsumsi saat musim panas. Menurut kepercayaan di Korea Selatan, kepiting dianggap sebagai hewan berdarah dingin sehingga sangat cocok jika dinikmati di tengah hari yang panas untuk membantu menurunkan suhu tubuh yang kepanasan.

Selain dipercaya sebagai makanan yang membantu menyejukkan tubuh, ternyata kepiting mentah ala Korea atau gejang ini juga mengandung nilai kalori yang sangat rendah. Dalam 100 gram kepiting mentah diketahui hanya mengandung kalori sebanyak 76 kkal saja.

Walaupun kalorinya rendah tetapi daging kepiting dilengkapi dengan berbagai mineral dan gizi yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Pada 100 gram kepiting juga ditemukan 59 mg kalsium, 0,8 mg zat besi, 1,5 g lemak, 19 g protein, 29 IU vitamin A, 7,6 mg vitamin C, hingga 9,78 mcg vitamin B12. Kandungan mineral dan gizinya inilah yang membuat gejang dipercaya sebagai salah satu makanan sehat oleh masyarakat Korea Selatan.

Kepiting Mentah Korea Lagi Viral, Ini 5 Fakta Menarik di BaliknyaKepiting Mentah Korea Lagi Viral, Ini 5 Fakta Menarik di Baliknya Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Cara Pembuatan

Ganjang gejang dibuat dengan cara membersihkan kepiting segar sebelum difermentasi. Pada awal pembuatan, kepiting dengan jenis tertentu dipilih agar ganjang gejang yang dihasilkan punya cita rasa yang maksimal. Kepiting betina yang sedang mengandung telur. Kepiting segar akan dibersihkan sebelum mulai melalui proses fermentasi.

Kepiting yang sudah bersih pun dimasukkan ke dalam wadah perendaman. Kecap yang sebelumnya sudah dididihkan akan didinginkan selama satu hari untuk kemudian dituang ke atas kepiting hingga kepiting terendam dengan sempurna.

Bukan sembarang dididihkan dan dituang, proses mendidihkan saus kecap dan perendaman ini perlu diulang hingga tiga kali selama kurang lebih dua minggu. Proses panjang ini perlu dilalui untuk sebuah ganjang gejang agar kepiting terfermentasi dengan sempurna hingga ke bagian-bagian dalamnya.

4. Dijuluki 'Si Pencuri Nasi'

Rasa gejang yang gurih dan umami selalu disajikan sebagai banchan atau hidangan kecil pelengkap makanan utama dan nasi. Biasanya ganjeng gejang ini akan dikonsumsi bersmaan dengan nasi putih hangat sebelum memakan lauk utama.

Cita rasa umami yang dimiliki ganjang gejang selalu diakui membantu meningkatkan selera makan. Banyak masyarakat Korea Selatan yang mengaku saat memakan nasi putih hangat dengan gejang mereka bisa menambah terus nasinya.

Ganjang gejang juga menjadi banchan atau hidangan pelengkap yang paling disukai masyarakat Korea Selatan. Tidak jarang yang akan dengan sengaja menambah nasi setelah lauk makan utama habis hanya untuk menikmati rasa umami dari gejang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Masissda! Rekomendasi Kuliner Buat Pencinta Drakor"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com