ADVERTISEMENT

YouTuber Ini Ungkap Biaya Hidup di Korea Berdasarkan Harga Sembako

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 09 Nov 2021 11:00 WIB
Harga Sembako di Korea
Foto: YouTube Korea Reomit
Jakarta -

YouTuber Jang Hansol atau Korea Reomit mengungkapkan biaya hidup di Korea berdasarkan harga sembako. Mulai dari harga gula pasir hingga beras.

Biaya hidup di Indonesia dengan negara lain sudah pasti memiliki perbedaan. Tak terkecuali dengan negara Korea Selatan, seperti yang diungkapkan oleh YouTuber Korea Reomit.

Korea Reomit atau Jang Hansol mengungkapkan biaya hidup di Korea berdasarkan harga sembako. Mulai dari harga gula pasir hingga beras berukuran 10 liter.

"Sebenarnya kalo misalkan tak jelaskan dari biaya tempat tinggal dan lain-lainnya. Menurutku itu kayak kurang dapat gitu, karena setiap orang mungkin pilihan untuk tempat tinggal itu bisa jadi beda," kata Korea Reomit.

Harga Sembako di KoreaHarga Sembako di Korea Foto: YouTube Korea Reomit

Baca Juga: Favorit Sejuta Umat! Ini Menu Warteg yang Paling Digemari Orang-orang

"Kayaknya bagus banget kalo misalnya aku bisa menunjukkan harga sembako di Korea. Sehingga, di video kali ini aku nunjukkan harga dari barang-barang yang termasuk di 9 bahan pokok alias sembako," lanjutnya.

Korea Reomit mengunjungi salah satu supermarket. Ia memperlihatkan beberapa kebutuhan sembako dan membandingkan harganya.

Pertama, Hansol menjelaskan kalau beras berukuran 10 kilogram di Korea Selatan dibanderol harga 32.900 Won (Rp 391.663). Hansol menyebutkan kalau harga beras di Korea setara seperti uang SPP (biaya sekolah) di Indonesia per bulan.

Gula pasir di Korea harganya 5.880 Won (Rp 69.808),sedangkan kalau di Indonesia harganya hanya sekitar Rp 12.000 - Rp 15.000 saja. Harga minyak goreng di Korea juga cukup tinggi, dibanderol 9.880 Won (Rp 117.315) per 1,9 liter.

Harga Sembako di KoreaHarga Sembako di Korea Foto: YouTube Korea Reomit

Baca Juga: Keseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang Ambawang

Tak hanya ketiga sembako itu saja, Hanol juga menjelaskan harga daging sapi dan ayam. Di Korea, harga daging mencapai Rp 300.000-an, sedangkan ayam per 1 kilogramnya mencapai Rp 52.000-an.

Netizen tertarik dengan pembahasan harga sembako di Korea. Banyak di antara mereka yang meninggalkan komentarnya.

"Harga sembako di Korea kalo dibandingkan dengan pendapatan di Indonesia itu termasuk mahal, tapi kalo dibandingkan dengan pendapatan di Korea, sembako di korea itu murah ternyata," komentar netizen.

"Waduh makasih Mas Hansol, aku ada niatan kuliah di Korsel jadi dapet ilmu dengan tau biaya hidup di sana," sahut netizen lain.

Baca Juga: Resep Sambal Jengkol yang Pedas Gurihnya Bikin Nambah Nasi



Simak Video "Bikin Laper: Masissda! Rekomendasi Kuliner Buat Pencinta Drakor"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT