Keseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang Ambawang

Riska Fitria - detikFood
Senin, 08 Nov 2021 11:30 WIB
Keseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang Ambawang
Foto: TikTok @ahe.andri
Jakarta -

Mengunjungi Kalimantan, chef Renatta dan chef Juna tak mau ketinggalan mencoba kuliner khasnya. Mereka mencicipi babi panggang khas Ambawang.

Melalui sebuah video, seorang pengguna TIkTok @ahe.andri membagikan momen chef Renatta dan chef Juna saat mengunjungi Kalimantan. Dalam video terlihat mereka mampir ke sebuah warung makan.

Warung makan tersebut bernama Bipang Asoy yang berlokasi di tepi Sungai Ambawang, Kalimantan Barat. Nama 'Asoy' sendiri diambil dari nama pemilik warung babi panggangnya.

Warung babi panggang ini didirikan pada tahun 2020 dan merupakan warung babi panggang pertama di Kecamatan Ambawang. Bipang Asoy merupakan salah satu warung babi panggang yang terkenal enak di Ambawang.

Baca Juga: Mengenal Bipang Ambawang yang Dipromosikan Jokowi

Keseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang AmbawangKeseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang Ambawang Foto: TikTok @ahe.andri

Maka tak heran jika Chef Renatta dan Chef Juna tertarik untuk mengunjungi dan mencicipi babi panggangnya. Saat mencicipi, kedua chef terkenal itu pun ditanyakan soal rasanya.

Chef Renatta mengatakan bahwa rasa babi panggangnya enak. Sementara Chef Juna mengatakan rasanya nikmat.

Kepada detikcom (07/11/21) Riko anak pemilik warung Bipang Asoy menyebutkan kedatangan dua chef MasterChef tersebut untuk meresmikan gerai bisnis kulinernya.

"Chef Juna dan Chef Renatta itu datang ke Pontianak, Kalimantan Barat untuk meresmikan gerai franchise Dailybox," ujarnya.

Keseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang AmbawangKeseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang Ambawang Foto: Instagram Bipang Ambawang Asoy

Dengan begitu, mereka memanfaatkan momen untuk berjelajah di Kalimantan. Akhirnya mereka memutuskan untuk melanjutkan ke Ambawang untuk mencicipi kuliner khasnya.

Lebih lanjut, Riko menjelaskan bahwa babi panggang di sana disajikan utuh. Harga satu ekornya dibanderol dengan harga mulai Rp 1.600.000 hingga Rp 1.800.000.

"Harganya itu tergantung ukuran satu ekor babinya. Yang kecil Rp 1.600.000. Biasanya satu ekor babi beratnya itu sekitar 10 kilogram," ujar Riko.

Selain satu ekor utuh, babi panggang di sana juga bisa dipesan 1/4 ekor. Namun khusus untuk 1/4 ekor ini pemesanan dilakukan secara Pre Order (PO).

Keseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang AmbawangKeseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang Ambawang Foto: Instagram Bipang Ambawang Asoy

"Bisa juga PO 1/4 ekor kalau sudah terkumpul PO jadi total 1 ekor baru kita panggang kan kita kirim," ujarRiko.

Bipang Ambawang sendiri merupakan babi panggang khas Ambawang, Kalimantan Barat. Kuliner yang satu ini pernah viral usai dipromosikan oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi mempromosikan bipang Ambawang sebagai kuliner lokal. "Yang rindu makan gudeg Jogja, siomay Bandung, pempek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan tinggal pesan," ujar Presiden Jokowi.

Keseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang AmbawangKeseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang Ambawang Foto: Instagram Bipang Ambawang Asoy

Momen makan babi panggang Ambawang ini pun dibagikan juga oleh Chef Juna lewat Instagramnya. Ia bahkan memuji kelezatan rasa babi panggangnya.

"This is babi panggang asli dari Ambawang dan langsung dari masternya. Makannya pun di tepi sunga Ambawang langsung, di rumah penduduk asli Dayak Kanayatn. Semuanya sangat ramah dan welcoming," tulis Chef Juna.

Warung Bipang Asoy ini berlokasi di Jalan Trans Kalimantan KM. 33, Pancaroba Sungai Ambawang, Pontianak. Pemesanan babi panggangnya bisa dikirim ke seluruh Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Sebut Bipang Ambawang Sebagai Oleh-oleh Lebaran, Apa Itu Bipang?



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Potato Cheese Bread ala Korea di Tengah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)