Favorit Sejuta Umat! Ini Menu Warteg yang Paling Digemari Orang-orang

Sonia Basoni - detikFood Senin, 08 Nov 2021 12:00 WIB
Warteg Kartini, Warteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk Lebih Foto: detikFood
Jakarta -

Masih jadi pilihan tempat makan murah dan mengenyangkan. Warteg atau warung Tegal, tentunya punya banyak menu makanan favorit yang disukai banyak orang.

Membicarakan warteg, semua orang tentu punya warteg langganan atau menu kesukaan yang jadi andalan masing-masing. Warung nasi khas Tegal yang satu ini, memang mudah ditemui di mana-mana.

Mulai dari warteg dengan puluhan lauk pauk setiap harinya, sampai warteg termahal yang satu porsinya bisa mencapai Rp 70.000. Tapi jika membicarakan menu favorit di warteg, banyak orang yang seleranya hampir sama.

Beberapa pengguna Twitter, kompak membahas menu warteg favorit mereka. Mulai dari tumis usus hingga kerang, telor dadar, sampai tempe orek yang tak pernah bikin bosan.

Berikut beberapa menu warteg paling favorit versi netizen.

Baca Juga: Ada di Dalam Pasar, Warteg Ini Sajikan 50 Menu Lauk Serba Murah

1. Aneka Tumisan

Warteg Kartini, Warteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk LebihWarteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk Lebih Foto: detikFood

Setiap warteg menunya ini hampir sama meskipun rasanya berbeda-beda. Namun ada beberapa menu wajib yang selalu ada menghiasi piring atau nasi bungkus, setiap pelanggan warteg.

Yaitu aneka tumisan sederhana yang rasanya enak meski makanannya hanya itu-itu saja. Tak jauh dari tumis sayuran, kerang sampai usus.

"Menu warteg paling enak ada tumis tauge, tumis labu, tumis usus, tumis kerang, tumis jegkol, tumis jamur. Sisanya ganti-ganti sesuai mood lagi pengen makan apa," komen @ya***.

2. Orek Tempe

cara bikin orek tempe orek tempe Foto: detikfood

Banyak netizen di Twitter yang setuju kalau menu favorit di warteg untuk sejuta umat adalah tempe orek. Tempe orek ini selalu bisa ditemukan di setiap warung nasi. Entah di warteg terkenal atau warteg kecil seadanya.

Kebanyakan warteg punya dua jenis orek tempe. Ada orek tempe kering, yang irisan tempenya tipis kecil dibuat garing seperti kentang mustofa. Kemudian ada orek tempe basah, potongan tempe lebih tebal dan bumbunya lebih medok.


"Menu wajib pastinya orek tempe sih. Mau orek tempe kering atau basah, itu tuh udah kaya bawang goreng kalau lagi makan di warteg. Wajib ada. Kalo gak ada orek tempe, kaya bukan nasi warteg," tulis @kome**.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com