Makanan Warteg Enak

Ada di Dalam Pasar, Warteg Ini Sajikan 50 Menu Lauk Serba Murah

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 05 Jun 2021 17:00 WIB
Warteg Kartini, Warteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk Lebih Foto: detikFood
FOKUS BERITA Makanan Warteg Enak
Jakarta -

Tersembunyi di jalanan pasar yang ramai dan sempit. Warteg ini sajikan lebih dari 50 lauk enak yang murah setiap harinya, lengkap dengan porsinya yang melimpah dan tak pelit.

Mencari warteg enak dan murah di Jakarta, bisa dibilang susah-susah gampang. Memang setiap jengkal jalan dan wilayah, pasti terdapat puluhan warteg yang menawarkan berbagai makanan enak.

Namun berbeda dengan warteg tersembunyi yang satu ini. Meski tampak sederhana dan biasa saja dari luar. Tapi Warteg Kartini I di dalam Pasar Ciplak, Jatinegara. Mampu memanjakan perut pelanggan setianya, dengan 50 variasi menu enak yang mengenyangkan.

Mulai dari menu umum seperti orek tempe, tumis usus, tumis kerang hingga mie goreng. Sampai lauk warteg yang jarang ditemukan, seperti rendang sapi, teri melinjo, gulai usus hingga soto Betawi yang semuanya murah dan enak.

Baca Juga: Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya!

1. Terletak di Jalanan Pasar Sempit

Warteg Kartini, Warteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk LebihWarteg Kartini, Warteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk Lebih Foto: detikFood

Kalau mau makan di Warteg Kartini I, sebaiknya bawa motor atau parkir mobil di area parkir pasar. Karena warteg yang satu ini berada di jalanan sempit, yang dipenuhi pedagang dan toko kelontong lainnya.

Tak sulit untuk mencari Warteg Kartini I. Patokannya di Pasar Ciplak, yang ada di Cipinang Besar, Jatinegara, Jakarta Timur. Sepanjang jalanan Pasar Ciplak, ada Warteg Kartini II yang posisinya lebih di depan.

Meski pemilik dan yang masak sama, tapi variasi menu makanannya lebih lengkap di Warteg Kartini I. Warteg ini buka dari jam 7 pagi, sampai jam 10 malam. Kalau mau lengkap, datang sekitar jam 9 pagi saat semua masakan sudah matang.

2. Menu Asli dari Tegal

Warteg Kartini, Warteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk LebihWarteg Kartini, Warteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk Lebih Foto: detikFood

"Warteg Kartini ini sudah buka lebih dari 21 tahun yang lalu. Awal 2000-an, keluarga saya merintis Warteg Kartini ini. Lalu diteruskan oleh keluarga dan saudara sampai sekarang. Tapi semua resep makanan memang asli dari Tegal," ucap Windy Afifa, salah satu pemilik Warteg Kartini I ke detikFood (05/06).

Sebenarnya menu 50 lauk di wartegnya bukan disengaja. Sejak dulu buka, keluarganya memang sudah menyajikan 50 lauk setiap harinya untuk dijual. Menunya ini tak selalu sama, ada beberapa yang diganti setiap 2-3 minggu sekali. Ada juga yang jadi menu reguler, dan dimasak setiap hari.

"Kalau untuk menu reguler yang pasti ada di Warteg Kartini itu, pastinya yang paling laris dan disukai pelanggan ya. Seperti sayur capcay, tumis usus, orek tempe, mie goreng, tumis kerang dan oseng kikil juga favorit," tambah Windy, yang mengaku belajar memasak semua lauk-lauk ini secara otodidak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nggak Heran Warteg Satu Ini Jadi Dambaannya Anak Kost!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Makanan Warteg Enak
FOKUS BERITA Makanan Warteg Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com