Penggemar Kimchi, Ini Cara Menikmati Kimchi Supaya Makin Enak

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 08 Nov 2021 14:30 WIB
Cara menikmati kimchi Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Makanan Korea makin populer di dunia, tak terkecuali kimchi. Untuk menikmatinya bisa dikonsumsi langsung, namun ada cara lain yang membuat rasanya lebih enak.

Kimchi merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari aneka sayuran dengan campuran bumbu merah, kemudian difermentasi sampai menghasilkan rasa yang asam pedas. Orang Korea juga tak pernah melewatkan kimchi setiap kali makan, seperti orang Indonesia yang tak pernah bisa hidup tanpa sambal.

Kimchi biasanya dinikmati dengan nasi putih hangat bersama lauk lainnya. Bisa juga dijadikan sup bersama tambahan daging, seafood, dan tahu. Terasa enak juga disantap bersama mie instan.

Dilansir dari Eater (2/11), ternyata ada cara lain untuk menikmati kimchi. Cara menikmati kimchi ini juga dikatakan terasa lebih nikmat. Bagaimana caranya?

Cara menikmati kimchiCara menikmati kimchi Foto: Getty Images/iStockphoto/

Baca Juga: Konsumsi Protein 4 Kali Sehari Bisa Lunturkan Lemak? Ini Penjelasannya!

Kimchi hanya perlu dimasak terlebih dahulu. Tak perlu teralalu lama, hanya ditumis sebentar di atas wajan anti lengket. Untuk menumisnya, jangan lupa tambahkan sedikit minyak atau mentega.

Sebenarnya metode memasak kimchi bukanlah konsep baru, namun cara ini jarang dilakukan. Untuk menumisnya, kamu harus meniriskan kimchi dari jusnya terlebih dahulu.

Setelah itu potong-potong kimchi, kalau kamu menggunakan kimchi sawi putih yang belum dipotong. Olesi wajan dengan minyak atau mentega, dan tumis kimchi selama 5-7 menit dengan api sedang.

Baca Juga: Di Bintaro Ada Bubur Keju Pakai Topping Kekinian, Sudah Pernah Coba?

Cara menikmati kimchiCara menikmati kimchi Foto: Getty Images/iStockphoto/

Aduk kimchi sesekali sampai jus kimchinya agak menguap. Setelah kimchi agak kering dan sedikit smokey, sajikan di atas piring. Kemudian, bisa kamu nikmati bersama nasi putih. Bisa juga kamu campurkan bersama nasi putih dan diolah menjadi nasi goreng atau kimchi bokkeumbap.

Tekstur kimchi yang tadinya renyah menjadi agak lunak. Rasa asamnya juga agak berkurang, cocok dinikmati untuk kamu yang kurang menyukai kimchi karena rasa asamnya.

Kimchi yang telah ditumis ini bisa kamu simpan kembali di dalam wadah atau toples. Nikmati saat ingin makan bersama mie instan atau saat sedang mengadakan pesta BBQ.

Baca Juga: 5 Cara Ajaib Kopi Bantu Turunkan Berat Badan



Simak Video "Korea Selatan Dilanda Krisis Kimchi!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com