Demi Konten, Orang-orang Ini Rela Makan Tiram dari Laut Tercemar Racun

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 02 Nov 2021 12:30 WIB
Demi Konten, Orang-orang Ini Rela Makan Tiram dari Laut Tercemar Racun Foto: TikTok @saraplipservice
Jakarta -

Iseng ingin buat konten video TikTok yang berbeda, tiga orang ini rela makan tiram yang diambil langsung dari tepi laut. Padahal tiram ini berisiko sudah tercemar racun.

Apapun kini dilakukan orang untuk membuat konten video yang viral di media sosial, terutama ketika platform TikTok tengah naik pesat. Seperti aksi tiga orang ini yang merekam video tengah menikmati tiram yang diambil langsung dari tepi pantai Sydney Harbour, Australia.

Dilansir dari Salten (28/10), pemilik akun TikTok @saralipservice yang biasa dipanggil Sara, tampak sibuk memungut dan memilih kerang-kerang tiram yang ia temukan di sekitar saluran air di wilayah Sydney CBD.

Baca Juga: Seorang Wanita Asal Texas Tewas Usai Makan Tiram Mentah


Sambil tertawa, Sara mengaku berani untuk menyantap tiram segar itu. Memang harusnya hal ini tidak aneh, karena kebanyakan tiram disajikan secara mentah dan dalam keadaan segar atau mentah.

Tapi tiram yang diambil Sara rupanya cukup berbahaya. Karena di tahun 2006 sendiri, Pemerintah Australia sudah melarang keras orang-orang untuk memancing, mengambil ikan hingga seafood linnya di sekitar Sydney CBD. Setelah menemukan bahwa tingginya kada dioksin sejenis racun berbahaya yang mengkontaminasi ikan-ikan di sana.

Seakan tak ambil pusing dengan larangan itu, Sara dengan bangga menunjukkan keahliannya membuka cangkang tiram tersebut dengan pisau yang sudah dibawanya.

Demi Konten, Orang-orang Ini Rela Makan Tiram dari Laut Tercemar RacunDemi Konten, Orang-orang Ini Rela Makan Tiram dari Laut Tercemar Racun Foto: TikTok @saraplipservice

"Jangan lupa balikkan tiram sebelum dibuka, karena nanti tampilannya jadi lebih cantik," saran Sara ketika membuka tiram yang sudah terkontaminasi itu.

Tanpa tunggu lama, Sara langsun menelan tiram yang masih hidup itu ke dalam mulutnya dan membuang cangkangnnya ke laut. Ia kemudian mengarah ke kamera dan tersenyum bangga.

"Ini baru rasanya Sydney Rock Oyster yang sesungguhnya," ungkap Sara.

Karena videonya ini, Sara mendadak viral di TikTok. Videonya ditonton ratusan ribu kali, kebanyakan isi komentarnya berisi rasa cemas netizen kepada Sara karena kerang tiram itu berbahaya dan tak boleh dimakan.

"Bukannya tidak boleh makan tiram langsung dari tepi laut. Tapi tingkat polusi di sekitar Sydney Harbour sangat tinggi dan pastinya tiram itu sudah terkontaminasi berbagai racun," kritik salah satu netizen.

Demi Konten, Orang-orang Ini Rela Makan Tiram dari Laut Tercemar RacunDemi Konten, Orang-orang Ini Rela Makan Tiram dari Laut Tercemar Racun Foto: TikTok @saraplipservice

"Berani sekali mereka semua, demi konten tidak pakai sepatu yang pas atau sarung tangan malah langsung main ke atas batu karang. Bisa saja mereka semua celaka karena jatuh dan terluka kena batu karang," sambung netizen lainnya.

"Membayangkannya saja sudah merinding. Apalagi memakannya?," sahut netizen.

Menanggapi komentar-komentar dari netizen, Sara dengan santai membalas bahwa saat itu ia dan teman-temannya tengah mabuk berat, makanya berani melakukan hal berbahaya seperti itu.

"Tapi hey, setidaknya kami semua masih hidup dan bisa menceritakan pengalaman ini ke kalian," pungkas Sara. Di kolom komentar juga dia mengaku tidak akan melakukan hal ini lagi, dan tidak merekomendasikan orang-orang untuk mengikutinya.

Menurut data dari situs NSW Food Authority, sudah dijelaskan bahwa sebaiknya makanan yang berasal dari laut harus diproses dengan hati-hati dan teliti. Tentunya untuk mengurangi risiko dari tercemarnya seafood hingga keracunan makanan.

Baca Juga: Santuy! Ngidam Makan Ikan, Wanita Ini Pancing Ikan dari Balkon Rumahnya



Simak Video "Menikmati Segar dan Mentahnya, Kerang Tiram Tanjung Papuma Jember"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com