Ado Campeol, Pencipta Tiramisu Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 01 Nov 2021 14:56 WIB
Ado Campeol, Pencipta Tiramisu Meninggal Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto / dailymail
Jakarta -

Kabar duka kembali menyelimuti dunia kuliner. Ado Campeol, pemilik restoran Italia yang juga pencipta tiramisu meninggal dunia di usia 93 tahun.

Tak hanya pizza dan pasta saja yang terkenal dari Italia, tapi ada juga dessert bernama tiramisu. Dessert ini ternyata diciptakan oleh seorang pemilik restoran di Italia bernama Ado Campeol.

Dilansir dari BBC (31/10), Ado Campeol dikabarkan telah meninggal dunia pada usia 93 tahun. Ia adalah pemilik dari restoran bernama Le Beccherie yang berlokasi di Treviso, Italia Utara.

Tiramisu adalah salah satu jenis dessert berupa kue. Terbuat dari biskuit dan mascarpone yang direndam kopi dan Kahlua. Dilapisi whipped cream dan keju marscapone lalu di bagian atasnya ditaburi cokelat bubuk.Kemudian, tiramisu ditambahkan ke menu Le Beccherie pada tahun 1972, namun tak pernah dipatenkan oleh keluarga tersebut.

Ado Campeol, Pencipta Tiramisu Meninggal DuniaAdo Campeol, Pencipta Tiramisu Meninggal Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto / dailymail

Baca Juga: Keren! Seniman Ini Bikin 10 Desain Gaun Cantik Berbahan Makanan

Sejak itulah tiramisu menjadi hidangan khas Italia. Dessert lezat ini kemudian populer dan diadaptasi oleh chef yang ada di seluruh dunia. Kemunculan tiramisu ini pada awalnya mengundang perselisihan.

Bahkan, ada juga yang mengklaim kalau tiramisu disajikan sebagai hidangan afrodisiak di sebuah rumah bordil di kota Trevisio, Italia Utara. Namun, resep itu diterima secara luas dan dikembangkan di restoran milik Campeol.

Luca Zaia, seorang gubernur di wilayah Veneto turut memberikan penghormatan terakhir kepada pencipta tiramisu. Ia menuliskan cuitan bahwa kota Treviso telah kehilangan bintang lain dalam sejarah makanan.

Ado Campeol, Pencipta Tiramisu Meninggal DuniaAdo Campeol, Pencipta Tiramisu Meninggal Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto / dailymail

Le Beccherie sendiri telah dibuka oleh keluarga Campeol pada tahun 1939. Lalu, Campeol mengambil alih bisnis ini pada akhir Perang Dunia Kedua.

Baca Juga: 7 Teh Ini Ampuh Untuk Jaga Imunitas Saat Musim Hujan

Campeol tak seorang diri meracik tiramisu tersebut. Ada bantuan dari tangan sang istri dan seorang chef brnama Roberto Linguanotto. Dimana menurut Linguanotto, tiramis teruat dari hasil kecelakaan saat membuat es krim vanila.

Linguanotto menjatuhkan beberapa keju mascarpone ke dalam semangkuk racikan telur da gula. Saat melihat kalau campuran tersebut menarik, ia memberi tahu Alba istri dari Campeol.

Kemudian, pasangan suami istri ini menyempurnakan dessert dengan menambahkan biskuit ladyfinger yang direndam dalam kopi dan menaburkannya dengan cokelat bubuk. Lalu, dessert itu diberi nama 'Tiramisu' yang ketika diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai 'pick me up'.

Kini tiramisu sangat populer di dunia. Bahkan, ada yang membuat tiramisu dengan tambahan alkohol seperti rum atau marsala.

Baca Juga: Pertama Kali Pengasuh Makan di Hotel Berbintang, Reaksinya Bikin Ngakak



Simak Video "Berburu Kue Lebaran di Pasar Mayestik"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com