6 Kesalahan Masak Pasta Ini Masih Sering Dilakukan Banyak Orang

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 29 Okt 2021 08:30 WIB
Kesalahan yang sering dilakukan saat masak pasta. Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Yummy! Pasta Milenial
Jakarta -

Banyak orang berpikir kalau memasak pasta adalah hal yang mudah dan praktis. Namun, 6 kesalahan memasak pasta ini ternyata masih sering dilakukan.

Pasta, hidangan asal Italia ada banyak jenisnya dan yang paling umum dikonsumsi adalah spaghetti. Bisa dimasak dengan campuran saus bolognese maupun carbonara yang gurih creamy.

Walaupun pasta terlihat mudah untuk dimasak, namun ada beberapa hal yang perhatikan agar rasanya enak. Beberapa kesalahan saat memasak pasta juga masih sering dilakukan. Seperti merebus pasta terlalu lama, tidak mencampurkan garam, hingga merendam pasta di dalam air.

Dilansir dari All Recipes (27/10), berikut kesalahan memasak pasta yang sering dilakukan orang.

1. Terlalu Lama atau Masih Keras

Pasta yang enak biasanya memiliki tekstur al dente. Bagian luarnya lunak lentur tetapi bagian tengahnya masik sedikit keras atau renyah. Oleh karenanya, waktu memasak pasta harus diperhatikan.

Proses memasak pasta dengan mie telur memang berbeda, biasanya memakan waktu yang lebih lama. Jadi, kamu harus sering mengecek teksturnya. Kalau sudah pas digigit, artinya pasta buatanmu sudah matang. Jangan masak terlalu lama juga, karena pasta akan mengembang dan menjadi lembek.

2. Tidak Mengaduk

Kesalahan yang sering dilakukan saat masak pasta.Kesalahan yang sering dilakukan saat masak pasta. Foto: Getty Images/iStockphoto

Beberapa orang memang menyarankan agar tidak terlalu sering mengaduk pasta. Namun, hal itu hanya berlaku pada jenis pasta angel hair atau pappardelle saja.

Berbeda dengan jenis pasta yang lebih tebal, kamu bisa mengaduknya sesekali. Gunanya agar pasta tidak lengket. Dengan cara ini, kamu tak perlu lagi menambahkan minyak ke dalam rebusan pasta.

3. Tidak Menambahkan Garam atau Malah Terlalu Asin

Kesalahan yang sering dilakukan saat masak pasta.Kesalahan yang sering dilakukan saat masak pasta. Foto: Getty Images/iStockphoto

Pasta memiliki rasa yang hambar. Oleh karenanya, jangan lupa untuk menambahkan garam saat merebusnya. Kamu cukup menambahkan garam secukupnya, agar pasta sedikit gurih.

Jangan terlalu banyak menggunakan garam, karena rasa pasta malah akan terlalu asin. Apalagi nantinya pasta ditambahkan bumbu berupa aneka saus. Seperti saus bolognese, carbonara, atau pesto.

Baca Juga: 5 Fakta Cafe del Mar Bali yang Viral Usai Pegawainya Usir Pengunjung

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Spaghetti Lobster"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Yummy! Pasta Milenial
FOKUS BERITA Yummy! Pasta Milenial

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com