Cara Masak Ikan Asin Agar Rasanya Gurih Enak, Ini 5 Tipsnya

Odilia WS - detikFood Selasa, 26 Okt 2021 11:00 WIB
ikan asin Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Ikan asin dikenal sebagai makanan sedap pemancing selera makan. Berikut ini cara masak ikan asin agar tidak keras dan gurih enak rasanya.

Siapa yang tahan godaan melihat ikan asin dimasak dengan sambal? Ikan yang diawetkan dengan garam ini banyak jenisnya. Rasanya yang gurih renyah bikin makan selalu jadi lahap dan tambah nasi.

Mengawetkan produk ikan dengan garam merupakan cara kuno. Tetapi cara ini tetap dipakai di wilayah pantai di Indonesia yang puny ahasil laut berlimpah. Dengan diasinkan harga ikan tak terlalu turun dan rasanya makin enak.

Ikan asin dengan rasa gurih kuat tak perlu dihindari tetapi perlu diolah dengan cara benar. Agar kandungan garamnya tak terlalu tinggi. Tetap renyah enak apalagi dipadukan dengan bumbu yang tepat.

Berikut ini 5 tips cara memasak ikan asin agar rasanya gurih enak.

1. Pilih ikan asin yang baru

Penjual ikan asin biasanya menaruh atau memajang dagangannya dengan cara ditumpuk menggunung. Ada ikan asin yang masih lunak tetapi ada juga yang sudah kaku berlapis garam putih tipis hingga tebal.

Ikan asin yang berlapis garam putih dan keras biasanya sudah lama atau stok lama. Pilih dan minta pada penjual untuk stok ikan asin yang baru, masih sedikit lembap, ikan masih lembut dan tak ada lapisan garam. Kesegaran ikan asin bisa lebih mudah dikenali saat masih baru.


2. Ikan asin utuh dan potongan

Ikan dalam ukuran kecil seperti beragam ikan teri, teri medan, teri asin belah, teri jengki dijual dalam kiloan. Bisa dibeli sejumlah yang diinginkan. Selain itu ada juga ikan asin bentuk utuh seperti ikan asin jambal roti, ikan asin peda, ikan asin kakap, ikan asin gabus dan lainnya.

Jenis ikan asin yang berupa ikan besar biasanya juga dijual dalam bentuk potongan dan dikemas dalam 100 gram. Ikan asin potongan bisa jadi pilihan. Pilih kemasan dengan potongan lebih banyak daging daripada tulangnya. Ikan asin potongan tinggal digoreng.

Bagaimana trik mengolah ikan asin? Baca halaman selanjutnya!

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Ikan Asin Peda Penggungah Selera "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com