5 Karya Seni Terinspirasi Makanan, Pahatan Wagyu hingga Lukisan Telur Ceplok

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 17:00 WIB
seniman telur Foto: instagram @tjalfsparnaay
Jakarta -

Tidak hanya bisa dinikmati sebagai kudapan lezat, di tangan para seniman ini, lima makanan dan minuman berikut disulap jadi karya seni luar biasa.

Makanan dan minuman biasanya akan disajikan untuk dikonsumsi dan dihabiskan. Penyajian yang cantik juga seringkali dilakukan oleh beberapa restoran maupun tempat makan lainnya untuk memuaskan konsumen saat melihat makanannya.

Tetapi ternyata menggabungkan makanan dan minuman dengan sebuah seni yang memanjakan mata bukan hanya bisa disalurkan melalui ide plating atau penyajiannya. Belum banyak diketahui bahwa ada banyak sekali karya-karya seni yang menggunakan makanan dalam pembuatannya ataupun terinspirasi dari makanan.

Di tangan para seniman yang handal, beberapa makanan bisa disulap menjadi karya seni yang ciamik dan mampu membuat siapa saja tertegun saat melihatnya. Mulai dari lukisan kopi hingga pahatan kayu yang menggunakan daging wagyu ternyata pernah dibuat oleh para seniman berikut.

Berikut ini 5 karya seni yang terinspirasi dari makanan dan minuman:

Keren Banget! Seniman Italia Ini Ubah Tumpahan Kopi Jadi Lukisan CantikKeren Banget! Seniman Italia Ini Ubah Tumpahan Kopi Jadi Lukisan Cantik Foto: Instagram @bernulia

1. Lukisan Tumpahan Kopi

Hobi minum kopi untuk meningkatkan fokusnya saat melukis, seorang seniman asal Italia bernama Giulia ternyata menemukan cara yang unik untuk menggabungkan kopi dan lukisannya. Berawal dari ketidaksengajaannya menumpahkan kopi dan mengotori kanvas lukisnya, Giulia justru langsung mengambil sendok dan mengukir tumpahan kopi di atas kanvasnya tersebut.

Uniknya untuk memberitahu bahwa lukisan tersebut terbuat dari tumpahan kopi, seniman wanita ini juga meletakkan cangkir kopi di bagian sisi lukisannya. Mulai dari menara Eiffel, potret aktivitas manusia yang dilihatnya, hingga berbagai arsitektur bangunan yang menarik untuknya 'ditumpahkan' dari dalam secangkir kopi.

Melalui akun Instagram pribadinya, Giulia memang kerap membagikan lukisan-lukisan yang dibuat dengan tangannya sendiri menggunakan tumpahan kopi. Bahkan Giulia juga dikabarkan mulai merambah media lukis lain seperti lelehan es krim, isian kue pie, hingga potongan buah yang disusun.

Baca juga: Keren! Goresan Tumpahan Kopi Jadi Karya Seni Mengagumkan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com