Doyan Banget Telur, Seniman Ini Melukis Telur Persis Aslinya

Devi Setya - detikFood Selasa, 07 Apr 2020 12:30 WIB
seniman telur Foto: instagram @tjalfsparnaay
Jakarta -

Makanan favorit ternyata menjadi inspirasi bagi seorang seniman asal Belanda. Tjalf Sparnaay menjadikan telur sebagai objek seni yang sering ia hadirkan dalam bentuk lukisan.

Mengintip galeri instagram Tjalf Sparnaay, jangan heran kalau banyak lukisan yang menghadirkan gambar telur. Ya, Sparnaay memang penggemar berat telur. Saking sukanya dengan telur, ia selalu melukis telur sebagai karyanya.

Seniman yang sudah aktif melukis sejak 1987 ini dikenal sebagai pelukis Hyperrealisme. Saat ini Sparnaay dipandang sebagai salah satu pelukis paling berpengaruh terhadap tren lukisan secara internasional. Karya-karyanya bahkan sudah pernah ditampilkan di seluruh dunia lewat pameran lukis maupun tersimpan dalam museum.

seniman telurseniman telur Foto: instagram @tjalfsparnaay


Baca juga : Kulit Kacang Hingga Biji Buah Ini Disulap Jadi Lukisan yang Artistik


Selain di Belanda, hasil karya lukis Sparnaay secara rutin tampil di New York dan beberapa negara Eropa. Aliran hyperealistic ini menghadirkan lukisan yang mirip dengan benda aslinya.

Meskipun banyak membuat lukisan berbagai benda, tapi Sparnaay diketahui paling suka melukis telur goreng. Makanan yang terkesan sederhana ini dituangkan menjadi karya seni mengagumkan. Salah satu lukisan telur goreng buatannya bahkan menjadi inspirasi bagi para pelukis lain.

Aliran hyperrealism berasal pada 1960-an dan 1970-an. Para seniman penganut aliran ini terbiasa membuat lukisan semirip mungkin dengan aslinya. Tentu tidaklah mudah, karena selain keahlian mengaplikasikan warna, para seniman juga harus memperhatikan setiap detail kecil bentuk benda.

seniman telurseniman telur Foto: instagram @tjalfsparnaay


Sparnaay sudah lama membuat berbagai lukisan telur goreng namun ia juga melukis berbagai makanan lain yang banyak disukai orang seperti kentang goreng, sandwich, saus tomat dan lobster. Saking tampak nyata lukisan karya Sparnaay, setiap orang yang melihatnya akan merasa lapar.

Siapapun yang melihat lukisan telur goreng karya Sparnaay pasti terbayang sebutir telur goreng yang gurih. Gambar yang begitu nyata akan membuat imajinasi melayang seolah membayangkan sedang menikmati telur goreng. Apalagi ditambah detail tekstur, warna dan tampilannya membuat orang langsung ingin makan telur goreng.

Pada 2020 ini Sparnaay menggelar pameran solo di Museum JAN, Amstelveen, Belanda dengan tema "Delicious Painting". Tentu saja semua lukisan yang ditampilkan ini hadir dengan gambar aneka makanan. Termasuk salah satunya lukisan tentang telur goreng yang menjadi ciri khasnya.

seniman telurseniman telur Foto: instagram @tjalfsparnaay


Baca juga : Keren! Lukisan Makanan Ini Terlihat Seperti Sungguhan


Sparnaay yang kini berusia 66 tahun masih tetap eksis dan berkarya meski usianya sudah tak lagi muda. Sebagai seniman, Sparnaay punya perjalanan panjang di dunia seni. Pameran lukisan pertamanya digelar tahun 1988 di Belanda.

Tak hanya sebagai pameran, lukisan Sparnaay ini juga sering dilelang. Tentu saja lukisan telur goreng masih jadi yang paling diburu dan dinanti.



Simak Video "Ciri Telur Infertil yang Dilarang Beredar oleh Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)