Permainan Gigit Kue hingga Bawa Telur di Belanda Ini Mirip Seperti di Indonesia

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 13 Okt 2021 16:00 WIB
Permainan Gigit Kue hingga Bawa Telur di Belanda Ini Mirip Seperti di Indonesia Foto: Hoponhoppo/Site
Jakarta -

Banyak permainan jaman dulu, atau permainan anak-anak khas Belanda yang ternyata mirip dengan permainan jadul di Indonesia. Seperti gigit kue sampai tanding bawa telur.

Semenjak serial Squid Game di Netflix mengudara, banyak orang yang tertarik untuk mengikuti permainan anak kecil di jaman dulu. Memang konsep Squid Game sendiri, berisi tentang permainan anak-anak di Korea Selatan.

Dari sini lah muncul banyak permainan anak-anak lainnya yang tak kalah unik dari berbagai negar. Salah satunya di Belanda, yang ternyata banyak permainan anak-anak versi tradisionalnya, yang mirip dengan permainan anak-anak di Indonesia.

Mulai dari permainan koekhappen, eierlopen, bilkgooien, sampai boterhammen yang semuanya familiar di Indonesia.

Dilansir dari Hoponhopoffholand (12/10), berikut beberapa permainan tradisional di Belanda yang mirip di Indonesia.

1. Eierlopen

Cracked egg in paper tray,Selective fous.Cracked egg Foto: Getty Images/iStockphoto/Aryut

Eierlopen merupakan salah satu permainan tradisional di Belanda. Eirlopen ini bisa dibilang egg walking, atau berjalan sambil membawa telur di atas sendok. Permainan ini sekilas mirip seperti permainan tradisional membawa kelereng atau gundu di Indonesia.

Permainan ini membutuhkan keseimbangan, karena para peserta tidak boleh menyentuh telur yang ada di sendok. Setelah itu mereka juga harus menjaga keseimbangan saat berjalan, karena jika telur terjatuh dan pecah maka permainan akan berakhir.

Tapi biasanya banyak juga orang-orang Belanda, yang dalam satu permainan bisa menghabiskan 5 telur. Jadi yang paling banyak menjaga 5 telur agar tidak jatuh saat dipindahkan dengan sendok, itu lah pemenangnya.

2. Koekhappen

Permainan Gigit Kue hingga Bawa Telur di Belanda Ini Mirip Seperti di IndonesiaPermainan Gigit Kue hingga Bawa Telur di Belanda Ini Mirip Seperti di Indonesia Foto: Hoponhoppo/Site

Kalau di Indonesia ada yang namanya lomba makan kerupuk. Siapa sangka bahwa di Belanda, ternyata ada permainan serupa yang mungkin menjadi cikal bakal terbentuknya lomba makan kerupuk, yang sampai sekarang masih eksis di Indonesia.

Nama permainan ini adalah Koekhappen, atau bitting cake. Sesuai namanya, Koekhappen merupakan lomba di mana orang-orang memakan kue khas Belanda yaitu ontbijkoek yang digantung menggunakan tali atau benang.

Kedua tangan peserta harus diikat kencang, kemudian siapa yang paling cepat berhasil menghabiskan kue tersebut, dia yang keluar jadi pemenangnya. Agar permainan lebih seru, banyak juga lomba koekhappen yang mewajibka pesertanya makan dengan mata ditutup kain agar lebih sulit.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com