7 Tips Membuat Telur 'Sunny Side Up' ala Hotel Buat Sarapan

Odilia WS - detikFood Jumat, 24 Sep 2021 07:00 WIB
Breakfast - Sunny side up fried eggs with tomato sauce and potato wedges Foto: iStock
Jakarta -

Telur ayam merupakan menu sarapan paling populer di dunia. Mudah dimasak dan praktis. Seperti telur 'sunny side up' ala hotel yang kuningnya meleleh enak ini.

Telur ayam kini harganya sedang murah, mencapai Rp 15.000 per kilogram. Karenanya kamu bisa memanfaatkan telur untuk menu sarapan bergizi. Karena telur kaya akan protein, mineral, vitamin dan lemak.

Salah satu menu telur yang sering disajikan di hotel adalah 'sunny side up'. Atau populer dengan sebutan telur ceplok atau telur matahari. Kuning telurnya tepat ada di tengah dalam kondisi sedikit membeku tetapi mentah.

Telur 'sunny side up' ini paling enak dimakan hangat dengan taburan merica dan garam. Bisa dijadikan topping sandwich, nasi goreng, mie goreng atau salad sayuran.

Untuk membuat telur gaya hotel ini tidak sulit. Hanya diperlukan telur segar, sedikit minyak atau mentega dan wajan berdasar tebal. Tak lebih dari 5 menit telur 'sunny side up' cantik bisa kamu nikmati sebagai menu sarapan.

Mau bikin sendiri? Berikut 7 tips membuat telur 'sunny side up' ala hotel yang mudah dan praktis.

1. Pakai wajan berdasar tebal

Wajan yang tipis akan cepat panas dan bagian pinggir putih telur akan gosong lebih dulu dan kering. Sebaiknya pilih wajan berdasar tebal, lebih baik lagi jika berlapisan anti lengket sehingga telur mudah diangkat.

Lebih baik lagi jika wajan dilengkapi dengan tutup kaca sehingga memudahkan melihat telur saat dimasak.

Cara Memasak Telur Mata Sapi Tanpa Minyak, Diganti dengan Air!7 Tips Membuat Telur 'Sunny Side Up' ala Hotel Buat Sarapan Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Gusterina

2. Jangan memakai api besar

Taruh wajan di atas api kecil setelah wajan panas barulah naikkan ke medium atau panas sedang. Panaskan selama 30 detik.

Setelah telur dituang ke atas wajan, masak selama 1 menit dengan api kecil. Dengan panas rendah telur akan beku dan matang merata.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Nasi Bakar Pak Yudhi yang Mirip Sajian Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com