Bawa Ikan Louhan Rp 10 Juta, Bobon Santoso Minta Dibuatkan Pecel Louhan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Sep 2021 12:30 WIB
Bawa Ikan Louhan Rp 10 Juta, Bobon Santoso Minta Dibuatkan Pecel Louhan! Foto: YouTube The Santoso
Jakarta -

Bukan Bobon Santoso namanya kalau tidak membuat kuliner nyeleneh. Ia meminta tukang pecel lele membuatkan pecel louhan untuk dirinya!

Pecel ayam dan pecel lele adalah dua hidangan 'merakyat' yang disukai banyak orang. Dipadukan nasi uduk, lalapan, dan sambal, rasanya sangat enak.

Pecel ayam dan pecel lele umumnya dijual murah meriah. Per porsi rata-rata Rp 20 ribu sudah plus nasi. Namun Bobon Santoso menganggap kalau hidangan ini terlalu 'receh'.

Lewat unggahan YouTube The Santoso (20/9), ia menunjukkan hidangan pecel yang jauh lebih mewah yaitu pecel louhan. "Pecel lele terlalu receh! Pecel louhan itu baru kelas!" katanya.

Pria yang tinggal di Bali ini tampak mendatangi sebuah warung pecel lele atau disebut lalapan goreng di sana. Ia bertemu dua penjual di sana, ibu Rini dan bapak Hartowo, lalu minta dibuatkan pecel dengan ikan yang dibawanya sendiri.

Bawa Ikan Louhan Rp 10 Juta, Bobon Santoso Minta Dibuatkan Pecel Louhan!Bawa Ikan Louhan Rp 10 Juta, Bobon Santoso Minta Dibuatkan Pecel Louhan! Foto: YouTube The Santoso

Bobon juga menganggap permintaan dirinya sebagai tantangan untuk penjual. Kalau mereka berhasil mengolahnya, ia menjanjikan hadiah.

Keduanya tampak terkejut ketika melihat Bobon mengeluarkan ikan louhan. "Pokoknya bapak masak, saya tinggal makan," kata Bobon.

"Harganya Rp 10 juta. Tapi karena ikannya sudah mati, udah nggak ada harganya lagi," jelas Bobon soal harga ikan louhan yang dibawanya.

Pertama, penjual pecel membersihkan sisik ikan louhan. Setelah itu, ikan louhan dibelah menyamping dan jeroannya dibuang.

Bawa Ikan Louhan Rp 10 Juta, Bobon Santoso Minta Dibuatkan Pecel Louhan!Bawa Ikan Louhan Rp 10 Juta, Bobon Santoso Minta Dibuatkan Pecel Louhan! Foto: YouTube The Santoso

Supaya tak amis, ibu Rini berinisiatif menambahkan perasan jeruk nipis. Selanjutnya ikan louhan direndam dalam bumbu kuning, yang biasa dipakai untuk rendam lele, selama 5 menit.

Ikan louhan kemudian digoreng dalam minyak banyak dan panas. "Mirip ikan gurame," kata Bobon dan bapak Hartowo usai mendapati hasil akhirnya.

Ikan louhan goreng disajikan bersama lalapan dan sambal. Bobon kemudian membagi dua ikan louhan supaya bisa dicicip penjual pecel.

Saat menyantapnya, Bobon bilang, "Enak. Nggak aneh. Mirip ikan gurame," katanya. Ia melahap pecel lohan ini bareng cocolan sambal. Bobon juga mendapati kalau daging ikan louhan ternyata tidak terlalu banyak.

Bawa Ikan Louhan Rp 10 Juta, Bobon Santoso Minta Dibuatkan Pecel Louhan!Bawa Ikan Louhan Rp 10 Juta, Bobon Santoso Minta Dibuatkan Pecel Louhan! Foto: YouTube The Santoso

Di akhir video, Bobon memberikan hadiah untuk penjual pecel karena sudah mau menyanggupi tantangan darinya. Mereka mendapat rice cooker baru.

Mengenai video ini, banyak netizen meninggalkan komentar di YouTube The Santoso. "Gila sih ini, konten perpaduan 5 ini 1; challenges, cooking, food vlogger, goblokers, dan berbagi. Mantap!," kata seorang netizen.

Ada juga yang bilang, "Sebagai pecinta ikan louhan,aku menangis melihat ini hahaha." Nah, bagaimana nih kalau pendapatmu?



Simak Video "Bikin Laper: Kesegaran Sop Buah Duren Pak Ewok yang Terkenal Enak"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com