Bobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra Netizen

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 13:30 WIB
Bobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra Netizen Foto: Instagram bobonsantoso
Jakarta -

YouTuber Bobon Santoso dikenal hobi masak makanan ekstrem. Terbaru, ia mengolah dan membagikan daging kuda namun menuai pro dan kontra dari netizen.

Bukan Bobon Santoso namanya kalau tak membuat konten kontroversial. Di YouTube ia sering mengunggah momen masak atau melahap makanan ekstrem.

Terbaru, untuk merayakan peraihan 7 juta subscribers YouTube miliknya, Bobon memasak daging kuda. Ia bahkan membagikan olahan daging kuda itu kepada warga Bali.

Namun inisiatifnya ini tidak ditanggapi positif oleh banyak orang. Sebaliknya, Bobon malah dihujat netizen Instagram karena pemilihan daging kuda.

Bobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra NetizenBobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra Netizen Foto: Instagram bobonsantoso

"Ga waras," ujar seorang netizen. "Masak yang bener dan wajar-wajar aja bro. Kalau mau jadi chef terbaik, bukan begitu caranya. Belajar dari orang yang berpengalaman biar pinter bro," sahut netizen lainnya.

Karena hujatan ini, Bobon pun putuskan tak mengunggah videonya masak daging kuda ke YouTube. Hanya saja di Instagram ia tetap mengucapkan terima kasih.

Baca Juga: 5 Momen Bobon Santoso Masak Jumbo, Seribu Bungkus Indomie hingga Donat

"Terima kasih antusiasme warga Bali yang menerima daging kuda ini, terima kasih juga antusiasme pihak yang keberatan masak kuda ini. Maafin jika ga suka. Aku hanya ingin menjadi chef terbaik dan terus terbaik," ujar pria yang pernah berseteru dengan chef Arnold ini.

Bobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra NetizenBobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra Netizen Foto: Instagram bobonsantoso

Lewat Instagram Stories (17/6), Bobon juga menjelaskan kalau daging kuda menjadi makanan khas di berbagai daerah Indonesia. "Contohnya di Lombok juga ada, Sulawesi juga ada, Sumbawa, dan banyak tempat-tempat di wilayah Indonesia yang jual sate kuda," tuturnya.

Ia juga menunjukkan sedikit proses pemasakan daging kuda menggunakan kuali besar. Selanjutnya daging kudah berbumbu ini ditempatkan dalam mangkuk kertas dan disajikan bersama sambal.

Tak lupa Bobon menunjukkan beberapa artikel media online soal olahan daging kuda. "Mungkin gua harus jadiin sate biar ga diprotes," tulis Bobon.

Menanggapi hal ini, ternyata ada juga netizen yang tak menyalahkan Bobon karena masak daging kuda. "Daging kuda itu halal dan banyak daerah juga konsumsi daging kuda, jadi ga usah pikirin mereka yang menghujat koh, tetep niatnya untuk berbagi itu lebih baik. Tetap semangat koh," ujar seorang netizen.

Bobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra NetizenBobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra Netizen Foto: Instagram bobonsantoso

Baca Juga: Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago!

Salah satu daerah yang menjual sate kuda adalah Bantul. Di sini ada warung bernama Segoro Roso yang menawarkan sate kuda sebagai menu andalan.

Sekilas sate kuda seperti sate sapi atau kambing, namun potongan dagingnya lebih besar. Teksturnya juga lebih berserat sehingga perlu usaha ekstra untuk mengunyahnya.

Sate kuda disebut-sebut punya manfaat sehat ketika dikonsumsi. Seperti meningkatkan stamina, menyembuhkan penyakit asma, diabetes bahkan rematik. Selain itu, sate kuda sendiri rendah kolesterol dan tidak menyebabkan darah tinggi, sehingga aman untuk dikonsumsi segala usia.

Baca Juga: Selain Gurih Juicy, Sate Daging Kuda Punya Banyak Khasiat

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com