Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 17:30 WIB
Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago! Foto: YouTube The Santoso
Jakarta -

YouTuber Bobon Santoso kembali membuat konten masakan nyeleneh. Kali ini ia membuat bakso kodok bullfrog yang bikin banyak orang ngeri!

Bukan Bobon Santoso namanya kalau tidak membuat video makanan ekstrem atau kontroversial. Belum lama ini (5/2) ia mengunggah video berjudul "Bakso Isi Kodok Raksasa, Sedap Sedap Ekstra Ngeri."

Bobon memadukan makanan favorit orang Indonesia, bakso, dengan seekor kodok bullfrog atau biasa disebut kodok banteng atau kodok lembu. Seperti apa ya kegilaan Bobon dalam membuat menu ekstrem ini?

Pertama, ia menyiapkan bahan bakunya. Ada 9 kodok bullfrog masing-masing seberat sekitar 500 gram, tepung terigu, telur, MSG, lada, garam, bawang putih, dan bahan lainnya.

Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago!Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago! Foto: YouTube The Santoso

Ia lalu meracik adonan bakso di ember dengan mencampurkan semua bahan-bahan. Bobon seolah tak peduli memasukkan tepung hingga lada dengan berantakan. Setelah itu ia mengaduk-aduk semuanya dengan tangannya yang sudah dilapisi sarung tangan.

Baca Juga: Heboh YouTuber Indonesia Mukbang Kelelawar Goreng Tepung

"Ini adonannya udah jadi, simple, tinggal kita aduk-aduk lagi. Udah!" ujarnya sambil membanting adonan. Bobon lalu mengambil satu ekor kodok bullfrog dan membalutnya dengan adonan bakso.

"Kita lagi menyiapkan kaldunya. Kita masukkan lada, garam, bawang putih, dan MSG," tambahnya. Setelah itu ia memasukkan bakso kodok ke dalam kuah kaldu dan merebusnya hingga matang.

Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago!Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago! Foto: YouTube The Santoso

Setelah itu ia menunjukkan hasil bakso kodok yang sudah matang. Bentuknya lebih bagus, tak seperti ketika masih menjadi adonan. Karenanya ada yang menduga, bakso kodok ini dibuat berbeda dari yang diracik Bobon.

Bobon pun langsung mencobanya. "Enak! Memang kodok enak, dicampur bakso enak. Wow! Amazing!," katanya. Ia juga mengaku tak menyesal membuat bakso ekstrem ini.

Supaya makin enak, Bobon menambahkan saus sambal yang langsung dimasukkan ke dalam mulutnya. Ia memakan bakso kodok tanpa kuah, lalu mengajak serta temannya.

Video Bobon masak bakso kodok ini sudah ditonton lebih dari 1,2 juta kali saat berita ini dibuat. Banyak netizen memberikan komentar, salah satunya, "Ampun Bang Jago!". Lalu ada juga netizen yang merasa video Bobon makin 'gila' dan masakannya membuat mereka ingin muntah.

Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago!Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago! Foto: YouTube The Santoso

Selain itu, banyak netizen menantang Bobon agar mukbang makanan aneh atau membuat masakan nyeleneh lainnya. Mulai dari kecubung, cacing tanah, sampai satu ekor sapi geprek.

Mengenai kodok bullfrog, jenis kodok ini merupakan yang bisa dikonsumsi. Konon bagian pahanya bertekstur empuk dan juicy saat diolah jadi masakan.

Kodok bullfrog banyak dibudidayakan di Indonesia dan beberapa diekspor ke luar negeri karena adanya permintaan. Mengonsumsi kodok bullfrog juga disebut berkhasiat mengatasi penyakit seperti diabetes, asma, dan bronchitis.

Baca Juga: Heboh Chef Arnold dan YouTuber Bobon Santoso Adu Sindir Cara Memasak

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com