5 Perbedaan Budaya Makan Ini Jadi Topik Perdebatan Heboh Netizen

Sonia Basoni - detikFood Senin, 20 Sep 2021 08:30 WIB
Uni penjual Nasi Kapau menunggu pembeli di hadapan hidangannya Foto: detik
Jakarta -

Perbedaan budaya makan, jadi topik hangat yang menarik dibahas. Tak jarang, topik perbedaan ini menuai pro dan kontra hingga menuai perdebatan antar netizen.

Forum diskusi online di Twitter, TikTok hingga Instagram biasanya dipenuhi dengan pro dan kontra serta debat antara sesama netizen. Topik yang dibicarakan juga cukup beragam, salah satunya topik tentang perbedaan budaya makan.

Dalam beberapa waktu terakhir, banyak perdebatan seputar tata cara makan, pemilihan lauk makanan, kebiasaan orang makan di restoran yang menjadi topik hangat di media sosial.

Mulai dari perbedaan makan antara orang Sumatera dan luar Sumatera, yang pilihan lauknya lebih beragam. Lalu ada perbedaan generasi tua dan muda yang menampilkan budaya makan di restoran yang beda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut perbedaan budaya makan yang jadi topik sengit di media sosial.

1. Budaya Makan Nasi Padang

Tips Makan Nasi Padang Saat DietNasi Padang Foto: Instagram @rahmatsandii , iStock

Budaya makan nasi Padang memang berbeda-beda di berbagai tempat. Meski berasal dari tanah Minang, popularitas nasi Padang yang mendunia ini, dinikmati oleh semua orang Indonesia hingga luar negeri.

Tentunya perbedaan penyajian lauk saja sudah bikin banyak orang bingung, apalagi yang berasal dari luar negeri. Seperti curhatan pengguna TikTok asal Malaysia, @zakwanrahpal_. Ia menceritakan pengalamannya yang kaget serta takut tak bisa bayar, saat disajikan semua menu makanan di restoran Padang di Indonesia.

Padahal ia merasa belum memesan makanan apa-apa. Ternyata ia baru tahu kalau di Indonesia, kebanyakan restoran nasi Padang menyajikan semua menu makanan di atas meja. Selain itu ia juga kaget dengan harga nasi Padang yang ternyata mahal jika sudah masuk kelas restoran.

2. Beda Makanan Daerah

pisang gorengpisang goreng Foto: shutterstock

Orang Indonesia saja kadang masih suka berdebat tentang perbedaan budaya makan di daerah mereka masing-masing. Seperti kisah 'culture shock', atau pergantian budaya yang dialami orang-orang saat merantau ke daerah baru.

Di Twitter, banyak netizen yang kaget ketika makanan yang disajikan, hingga kebiasaan makan orang-orang di tempat mereka berbeda jauh dengan kebiasaan makan di tempat asal mereka. Mulai dari netizen yang kaget saat makan cemilan khas Jawa yang diolah dari tanah liat.

Kemudian netizen kaget dengan budaya orang Makassar, yang ngemil pisang goreng pakai sambal pedas. Sampai kebiasaan orang Indonesia makan pizza pakai saus sambal, yang bikin chef Italia meradang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kesegaran Sop Buah Duren Pak Ewok yang Terkenal Enak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com