Murah Meriah Angkringan

Ini 4 Lauk Wajib untuk Teman Makan Nasi Kucing

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 16 Sep 2021 17:30 WIB
Di Angkringan Semar Gaplek Bisa Jajan Nasi Kucing hingga Sate Telur Gurih Foto: Zahrah Zayyan Layalia/detikcom
Jakarta -

Tak hanya nasi kucing yang bisa kamu nikmati saat makan di angkringan, tapi juga beragam lauk pelengkapnya. Berikut ini lauk populernya, aneka sate hingga baceman.

Angkringan adalah warung makan kaki lima yang menggunakan gerobak dan populer di Yogyakarta dan Solo. Warung makan ini biasa menyajikan nasi kucing sebagai menu utama.

Untuk menikmati nasi kucing, harganya sangatlah murah berkisar Rp 2.000 per bungkusnya. Namun, karena porsinya yang kecil, nasi kucing lebih nikmat disantap dengan beragam lauk yang disajikan di angkringan.

Ada 4 lauk di angkringan yang populer. Saat makan di angkringan tumpukan aneka sate, baceman, hingga gorengan pasti menggoda selera. Makin menarik karena lauk-pauk ini akan dihangatkan sebelum disajikan kepada pembeli.

Baca Juga: 7 Mitos Madu yang Populer dan Dipercaya, Ini Fakta Sebenarnya

Inilah 4 lauk yang wajib dicicipi saat makan nasi kucing di angkringan.

1. Aneka Sate

Lauk Populer di AngkringanLauk Populer di Angkringan Foto: Getty Images/iStockphoto

Aneka sate yang terpajang di angkringan pasti selalu memikat selera. Terkadang menu ini sering membuat banyak orang kalap, yang seharusnya makan murah malah jadi bayar cukup mahal.

Sate yang ditawarkan di angkringan sangatlah beragam. Angkringan yang tradisional, biasanya hanya menyajikan sate usus, sate ati ampela, sate kulit, sate kerang, dan sate telur puyuh saja. Semua satenya dibumbui manis, bisa langsung dinikmati maupun dibakar terlebih dahulu.

Namun, kini angkringan menawarkan menu sate yang lebih modern. Beragam bakso ikan, sosis, dan nugget dijadikan sate. Sate yang modern ini juga kerap menarik minat para pelanggan angkringan. Harga aneka sate di angkringan biasanya sekitar Rp 3.000 - Rp 10.000-an.

Baca Juga: Lihat Latte Art Diacak-acak, Barista Ini Pasang Muka Bete

2. Tahu dan Tempe Bacem

Lauk Populer di AngkringanLauk Populer di Angkringan Foto: Getty Images/iStockphoto

Karena angkringan diketahui berasal dari Yogyakarta dan Solo, maka tak heran kalau banyak lauknya dibumbui manis atau baceman. Menu baceman sangat populer di angkringan, yang paling laris adalah tahu dan tempe bacem.

Tahu dan tempe bacem ini sudah disajikan matang dengan warna kecokelatan. Bisa langsung dinikmati sebagai lauk nasi kucing. Terkadang banyak juga pelanggan yang meminta tahu dan tempe bacem tersebut dibakar terlebih dahulu.

Tahu dan tempe bacem yang ada di angkringan potongannya cukup besar. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 2.000 saja per potongnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com