Yummy! 5 Siomay Kaki Lima Super Enak yang Antreannya Brutal 

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 09 Sep 2021 12:00 WIB
siomay. traditional indonesian food with peanut sauce. dumpling Foto: iStock
Jakarta -

Meski jualan di pinggir jalan dan hanya menggunakan gerobak sederhana. Tapi lima siomay kaki lima ini punya rasa super enak, yang membuat orang rela antre sampai berebut untuk beli siomay di sini.

Sama populernya dengan bakso dan mie ayam, jajanan dari ikan khas Jawa Barat ini memang tak pernah bikin bosan. Berbeda dengan dimsum yang lebih ke arah Oriental, kalau siomay tentunya lebih lokal dengan siraman kuah kacang kental, perasan jeruk nipis dan taburan bawang goreng.

Tak sulit untuk menemukan penjual siomay yang enak. Di Jakarta hingga Solo, ada tempat makan siomay kaki lima legendaris yang setiap harinya bisa laku ribuan butir siomay dalam hitungan jam.

Berikut lima rekomendasi tempat makan siomay kaki lima super enak yang punya antrean brutal panjangnya.

Baca Juga: Resep Siomay Bandung Enak yang Mudah Dibuat di Rumah

1. Siomay Dua Putera

Indonesian Food Baso Tahu BandungIlustrasi Siomay Bandung Foto: iStock

Awalnya berjualan menggunakan sepeda saja, Siomay Dua Putera yang ada di pinggir jalan KH. Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan kini jadi incaran banyak orang. Siomay yang satu ini bahkan sudah diantre banyak orang meski panci siomaynya belum datang.

Jadi jangan heran jika melihat antrean pembeli siomay yang brutal. Bahkan jika telat datang sebentar saja, semua siomay sudah pasti ludes terjual. Di sini ukuran siomaynya cukup besar, sehari bisa menjual lebih dari 1.500 butir.

Ada siomay ikan, siomay tahu, pangsit, kol, siomay kentang, pare hingga telur. Satu porsinya sekitar Rp 15.000, sudah dilengkapi dengan bumbu kacang kental, saus sambal dan kecap, perasan jeruk nipis dan bawang goreng. Tekstur siomaynya kenyal, rasa ikan tenggirinya cukup kuat dan pastinya bikin nagih.

2. Siomay Super Pak Aceng

Siomay Ayam dan UdangSiomay Enak Foto: iStock

Jalan-jalan ke Cipinang Raya di Jatinegara, jangan lupa jajan Siomay Super Pak Aceng yang ada di pinggir jalan. Siomay dengan antrean brutal ini mampu menjual ribuan butir dalam waktu kurang dari dua jam saja.

Ukuran siomaynya besar-besar, mirip seperti siomay premium yang ada di restoran. Menunya lengkap, ada kentang, pare, siomay tahu goreng dan putih, hingga kol gulung yang lembut. Per bijinya harganya Rp 4.000 saja.

Siomay disajikan dalam bentuk potongan, kemudian disiram bumbu kacang dan air jeruk nipis. Tak lupa tambahan kecap manis. Tekstur siomaynya benar-benar kenyal, apalagi siomay telurnya yang paling favorit di sini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Yummy! Bakso Telur Berlumur Sambal Siomay"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com