4 Telur Goreng Paling Populer yang Enak Buat Sarapan

Odilia WS - detikFood Rabu, 08 Sep 2021 06:00 WIB
Resep Telur Ceplok Balado Foto: iStock
Jakarta -

Meskipun hanya telur dan minyak. Ternyata dengan teknik menggoreng berbeda ada 4 jenis telur goreng. Telur goreng mana yang jadi favoritmu buat sarapan?

Telur jadi menu favorit sarapan di dunia. Karena telur rasanya gurih enak, mudah diolah, praktis dan harganya juga murah. Banyak sajian telur populer buat sarapan.

Ada telur goreng, telur dadar, omelet, orak-arik hingg telur rebus air atau poached egg. Semuanya hanya perlu waktu memasak tak lebih dari 5 menit. Kemudian bisa disajikan dengan roti dan sayuran sesuai selera.

Yang paling banyak digemari karena mudah dibuat adalah telur goreng atau fired egg. Hanya butuh telur segar dan minyak atau mentega atau margarin. Meski hanya memecahkan telur di dalam wajan berisi minyak, ternyata ada beragam jenis telur goreng.

Untuk membuat telur goreng dan mengenal jenis-jenis telur goreng, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Wajan dan Telur Segar

Semua jenis wajan, wajan datar atau cekung bisa dipakai untuk membuat telur goreng. Hanya saja agar hasilnya tak berantakan, mulus dan bagus bentuknya, sebaiknya gunakan wajan dengan lapisan anti lengket.

Selain wajan anti lengket dengan beragam ukuran, perhatikan juga pemilihan minyak atau lemak. Bisa dipakai minyak sayur biasa, margarin dan mentega.

Margarin sudah asin rasanya, maka tak perlu menambahkan garam. Sementara mentega ada yang asin (salted) atau tawar (unslated). Sebaiknya pilih mentega tawar agar telur tak cepat gosong. Tambahkan garam dan merica setelah telur matang.

Untuk telur sebaiknya gunakan telur dengan suhu ruangan. Telur dingin dari lemari es akan membuat telur jadi mudah gosong karena penyesuaian suhu telur dan minyak yang sudah dipanaskan.

Yang paling penting selama menggoreng telur, gunakan api kecil hingga sedang agar telur matang sempurna sesuai keinginan. Jika memakai api besar telur mudah gosong, terutama bagian putihnya akan seperti karet teksturnya. Suhu api berfungsi juga mematikan mikroorganisme dalam telur mentah.

telur goreng untuk sarapan4 Telur Goreng Paling Populer yang Enak Buat Sarapan Foto: Instagram

2. Telur Goreng 'Sunny Side Up"

Disebut 'sunny side up' karena tampilannya persis seperti matahari dengan kuning telur di bagian tengah. Jenis telur goreng ini bagian putihnya masih setengah matang dan bagian kuningnya masih mentah.

Beberapa orang menyukai telur ini dengan taburan merica dan garam. Atau dijadikan isian sandwich atau roti panggang. Atau topping nasi goreng dan mie goreng.

Cara membuatnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan lalu pecahkan telur, gunakan api kecil. Tunggu hingga bagian putihnya membeku tetapi kuning telurnya masih utuh. Angkat segera dan kuning telur akan mengalir saat dikoyak dengan garpu atau pisau.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Kreasi Sate Telur Krispi di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com