Unik! Lontong Sayur Ini Bentuknya Mirip Puding Pandan

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 05 Sep 2021 17:00 WIB
Lontong Sayur Unik yang Mirip Seperti Puding Pandan Foto: YouTube Raditya Dika
Jakarta -

Sebuah restoran di Jakarta menawarkan sensasi menyantap lontong sayur yang unik. Karena, lontong sayur tersebut disajikan dengan bentuk mirip puding pandan.

Lontong sayur adalah makanan tradisional Indonesia yang biasa dinikmati sebagai menu sarapan. Berupa lontong berbentuk silinder yang disajikan dengan sayur berkuah santan dan biasanya ditambahkan lauk lain seperti rendang ataupun semur.

Dalam video yang dibagikan oleh stand-up komedian sekaligus penulis Raditya Dika di YouTube-nya, ternyata ada lontong sayur yang unik. Raditya menjelaskan kalau lontong sayur unik ini ia beli dari restoran bernama Namaaz Dining.

Baca Juga: Viral Driver Ojol Kena Suspend karena Dianggap Tak Sopan saat Antar Makanan

Lontong Sayur Unik yang Mirip Seperti Puding PandanLontong Sayur Unik yang Mirip Seperti Puding Pandan Foto: YouTube Raditya Dika

"Ini adalah lontong sayur paling absurd yang pernah gue maan. Jadi, salah satu restoran favorit kita namanya Namaaz Dining itu makanannya absurd-absurd," kata Raditya Dika.

"Selama pandemi ini karena mungkin ada peraturan nggak boleh makan di tempat dan lain-lain. Mereka ngeluarin salah satu menu yang bisa kita pesan online. Dan pas gua lihat bentuknya kayak gimana, gue tertarik banget buat beli," lanjutnya.

Lontong sayur ini merupakan menu dari Namaaz Dining yang dibeli oleh Raditya Dika. Seperti diketahui Namaaz Dining adalah restoran dengan menu molecular gastronomy milik chef Adrian Ishak.

Lontong Sayur Unik yang Mirip Seperti Puding PandanLontong Sayur Unik yang Mirip Seperti Puding Pandan Foto: YouTube Raditya Dika

Lontong sayurnya sangat unik karena memiliki bentuk yang mirip dengan puding pandan. Bentuknya memang menyerupai puding dengan warna hijau yang mirip pandan. Ketika dibelah, lontong sayur itu memiliki isian kuah yang padat bersama isian sayur seperti kacang-kacangan, petai, dan lainnnya.

Baca Juga: Setelah Suntik Vaksin Covid-19, Hindari Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Lontong sayur ini harus dihangatkan terlebih dahulu dalam microwave selama 90-120 detik (sekitar 2 menit). Raditya Dika tampak tajub dengan lontong sayur berbentuk puding ini ketika sudah dihangatkan karena langsung berubah menjadi lontong sayur pada umumnya.

Lontong Sayur Unik yang Mirip Seperti Puding PandanLontong Sayur Unik yang Mirip Seperti Puding Pandan Foto: YouTube Raditya Dika

"Oranye yang tengah-tengah itu jadi mencair," ungkap Raditya Dika.

Menurutnya, rasa lontong sayur yang unik ini sangat enak. Tekstur lontongnya lebih kenyal dari lontong biasa. Rasanya gurih dan sangat creamy.

Baca Juga: Lama Antar Makanan, 5 Driver Ojol Ini Dilempar Kuah Sup hingga Kena Suspend



Simak Video "Beda Lontong Sayur khas Betawi dan Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com