Disebut Judes, Wanita Penjual Bumbu Ini Buktikan Dagangannya Laris

Devi Setya - detikFood Kamis, 02 Sep 2021 18:00 WIB
Disebut Judes, Wanita Penjual Bumbu Ini Buktikan Dagangannya Laris Foto: youtube Franskav12
Jakarta -

Lapak bumbu giling milik Teh Yuli tak pernah sepi pembeli. Penjualnya dikenal judes tapi dagangannya selalu laris dan sukses meraup untung besar.

Wanita bernama Yulianti atau akrab disapa Teh Yuli setiap hari berjualan bumbu giling di Pasar Tegal Parang, Jakarta Selatan. Lewat tayangan YouTube FranKav12 (1/9) Teh Yuli bercerita bagaimana perjuangannya jualan bumbu giling.

Wanita asli Betawi ini mengatakan berjualan bumbu secara otodidak. Awal berjualan, ia mengaku hanya mengandalkan meja kecil. Kini ia sudah menempati lapak di pasar Tegal Parang, meskipun kecil tapi kiosnya nyaman dan bisa menampung aneka bumbu giling.

Teh Yuli kerap disebut judes oleh pembelinya, namun ia tak ambil pusing dan tetap cuek berjualan. "Banyak yang bilang, "judes banget sih jualan" saya mah bodo amat, masuk kuping kanan keluar kuping kiri," ujar Teh Yuli.

Disebut Judes, Wanita Penjual Bumbu Ini Buktikan Dagangannya LarisDisebut Judes, Wanita Penjual Bumbu Ini Buktikan Dagangannya Laris Foto: youtube Franskav12

Karena tampilannya yang cantik, ibu beranak dua ini juga kerap digoda oleh pembeli iseng. Tak sedikit bahkan yang menawar harga bumbunya.

Sebungkus bumbu harga Rp 5.000 terkadang ditawar Rp 3.000. Jika menemui pembeli seperti ini Teh Yuli langsung saja mengeluarkan kalimat celotehnya.


"Ada yang bilang bumbu saya mahal, beda sama di kampung. Ya saya bilang aja, beli di kampung sana. Emang nggak pake ongkos kalo dibawa ke sini," kata Teh Yuli sambil tertawa.

Di samping pembeli yang sibuk menawar dagangannya, banyak juga pembeli yang menjadi langganan karena kualitas bumbu racikan Teh Yuli yang juara. Orang rela merogoh kocek agak dalam demi rasa bumbu yang pas.

Dalam sehari, Teh Yuli mendapatkan omzet beragam. Saat sedang sepi ia bisa mengantongi omzet Rp 900 ribu namun saat ramai bisa mencapai angka Rp 2 juta per hari. Dari omzet ini ia bisa mengantongi setengahnya.

Untuk menjamin kualitas bumbunya, Teh Yuli menggiling bumbu sendiri. Ia membuat bumbu merah, bumbu kuning dan bumbu giling lainnya untuk berbagai masakan seperti ayam goreng, rendang, gulai dan bumbu masakan lainnya.

Disebut Judes, Wanita Penjual Bumbu Ini Buktikan Dagangannya LarisDisebut Judes, Wanita Penjual Bumbu Ini Buktikan Dagangannya Laris Foto: youtube Franskav12

Selain bumbu racikan, Teh Yuli juga menyediakan bumbu segar seperti bawang merah, bawang putih, serai hingga daun jeruk. Ia juga menyediakan bumbu rempah bubuk seperti pala, jinten, kayu manis dan masih banyak bumbu lainnya.

Sebagai penjual bumbu, Teh Yuli tak banyak berharap apapun, ia hanya berusaha agar dagangannya selalu laris manis agar bisa menghidupi dua anaknya.

"Sekarang mah nggak banyak mau, cuma pengen dagangan lancar. Demi anak," pungkas Teh Yuli.



Simak Video "Bikin Laper: Ngeri-ngeri Sedap, Makan Bakso di Pinggir Rel"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com