5 Camilan Manis Malaysia yang Populer Ini, Semua Ada di Indonesia

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 31 Agu 2021 12:30 WIB
is it typical of Indonesia, that can be classified as a pancake filled with grated coconut is mixed with liquid sugar. This content is called a unit.
Foto: iStock

3. Apam Balik

Yuk Bikin Sendiri Martabak Manis Mini Anti GagalIlustrasi Apam Balik mirip Martabak Manis Foto: Getty Images/iStockphoto/Riki Risnandar

Jangan kaget kalau di sana menemukan penjual martabak manis mini yang atasnya ditaburi kacang dan gula pasir. Orang Malaysia mengenal kudapan yang satu ini dengan nama Apam Balik.

Disebut sebagai Apam Balik, kudapan ini paling laris manis di pasar malam hingga bazar makanan yang ada di Malaysia. Bahan dan toppingnya sama persis seperti martabak manis klasik di Indonesia.

Di Malaysia, jajanan Apam Balik ini populer di Penang, Kelantan, Perak, dan Lembah Klang. Selain topping kacang. Banyak juga orang yang suka makan Apam Balik dengan jagung manis, atau gula pasir polos.

4. Onde-onde

Klepon di Solo.Klepon di Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Di Indonesia, nama onde-onde atau klepon sempat jadi bahan perdebatan netizen. Karena hampir setiap daerah di Indonesia memiliki julukan tersendiri untuk kudapan manis satu ini, yang bentuknya bola-bola hijau dilapisi serutan kelapa.

Kalau di Malaysia, pencuci mulut ini namanya lebih populer sebagai Onde-onde atau Buah Melaka. Karena memang Onde-onde paling terkenal di wilayah Melaka, Negeri Sembilan, Kelantan dan Selangor.

Dibuat dari tepung ketang dan campuran tepung sagu. Kenyal dari bola-bola manis ini tak lepas dari peran santan, dan gula merah mulur yang legit manis. Untuk menyeimbangkan rasa manis, serutan kelapa jadi hiasan wajib yang enak.