Cara Membuat Seblak khas Bandung yang Enak dan Pedas Nendang

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 25 Agu 2021 13:30 WIB
Seblak Foto: detikFood
Jakarta -

Seblak khas Bandung sangat populer karena gurih dan pedas nendang.Kamu bisa membuat sendiri dengan mengikuti cara membuat seblak khas Bandung berikut ini.

Seblak adalah jajanan khas Bandung yang juga populer di kota lain. Berupa kerupuk mentah yang dimasak dengan beragam bahan lain seperti bakso, ceker ayam, sosis, bakso, dan lain-lain. Salah satu ciri khas seblak Bandung adalah menggunakan kencur atau cikur dalam bahasa Sunda.

Tempat makan seblak khas Bandung banyak tersebar. Tak hanya warung kecil saja, tapi juga berupa kafe yang menawarkan menu seblak super pedas.

Cara membuat seblak khas Bandung yang enak tidaklah sulit. Sebenarnya kamu bisa mencontek dari penjual seblak kaki lima favoritmu. Namun, kamu bisa contek resep hingga tips membuat seblak khas Bandung berikut ini.

Baca Juga: Keseruan Luna Maya dan Nirina Zubir Jajan Lenjongan di Pasar Gede Solo

Berikut resep dan cara membuat seblak khas Bandung.

1. Kerupuk Mentah

Kriuk Renyah Kerupuk Ternyata Sudah Dinikmati Sejak Ada ke-9kerupuk Foto: iStock

Bukan seblak namanya kalau hidangan tersebut tidak diolah menggunakan kerupuk mentah. Seblak yang mudah ditemui di Bandung ini biasanya menggunakan kerupuk berwarna oranye atau biasa disebut sebagai kerupuk gado-gado.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kerupuk aci biasa, kerupuk bawang, kerupuk udang, kerupuk mie hingga kerupuk sayuran. Penjual seblak di Bandung juga kerap menggunakan campuran beberapa jenis kerupuk yang warna-warni terang. Ada yang berbentuk bunga hingga keong.

Sebelum diolah menjadi seblak, kerupuk mentah ini harus direbus hingga teksturnya menjadi lunak. Bisa juga kamu rendam menggunakan air panas selama 10 menit hingga lembek. Tak hanya kerupuk, penjual seblak khas Bandung juga kerap menambahkan makaroni, kwetiau, dan mie.

2. Sambal

Sambal Iris Cabe MerahSambal Iris Cabe Merah Foto: iStock

Selain bumbu kencur yang menjadi ciri khas seblak khas Bandung, rasanya akan semakin enak kalau disajikan super pedas. Oleh karenanya dibutuhkan racikan sambal yang nikmat.

Kamu bisa membuat sambal untuk racikan 2 porsi seblak dengan menghaluskan bahan yang terdiri dari:

7 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm kencur
1 cm kunyit (jika suka)
1 sdt terasi goreng
1 sdt garam

Jika ingin rasa pedas menggigit dan warna merah menyala pada kuahnya, tambahkan 1 sdm cabai merah bubuk.

Baca Juga: Nasi Goreng Indonesia Jadi Tantangan di MasterChef Turki, Peserta Bingung

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Seblak Seafood"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com