Keseruan Luna Maya dan Nirina Zubir Jajan Lenjongan di Pasar Gede Solo

Riska Fitria - detikFood Selasa, 24 Agu 2021 13:00 WIB
Keseruan Luna Maya dan Nirina Zubir Jajan Lenjongan di Pasar Gede Solo Foto: Instagram @evierosianadewi/detikcom
Jakarta -

Syuting di Solo untuk channel YouTube, Luna Maya menyempatkan untuk kulineran. Ia kedapatan cicip mie godog hingga lenjongan di Pasar Gede Solo.

Belakangan ini Luna Maya bersama dengan Marianne tengah melakukan syuting untuk channel YouTube Travel Secret. Untuk videonya kali ini, mereka mengunjungi kota Solo, Jawa Tengah dengan mengajak artis Nirina Zubir.

Lewat channel YouTube tersebut mereka akan berbagi pengalaman selama mengunjungi Solo, sehingga dapat menginspirasi calon wisatawan. Tentunya, mereka pun tak mau ketinggalan untuk mencicipi beragam makanan khas Solo.

Baca Juga: Jajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar Gede

Keseruan Luna Maya dan Nirina Zubir Jajan Lenjongan di Pasar Gede SoloKeseruan Luna Maya dan Nirina Zubir Jajan Lenjongan di Pasar Gede Solo Foto: Instagram @evierosianadewi

Seperti dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @evierosianadewi (23/08). Dalam video tersebut Luna Maya, Nirina Zubir dan Marianne kedapatan mengunjungi Pasar Gede Solo.

Kedatangan mereka saat itu sangat menghebohkan sesisi pasar. Di sana mereka mencicipi lenjongan, jajanan tradisional khas Solo. Lenjongan merupakan jajan pasar Jawa yang terdiri dari grontol, tiwul, getuk, klepon, cenil, ketan hitam, jadah blondo, sawut dan lainnya.

Jajan pasar itu disajikan dengan taburan kelapa parut dan kucuran gula merah. Jajanan itu sudah ada sejak zaman penjajahan dan umumnya dimakan saat sarapan. Dalam video terlihat, mereka tampak asyik menikmati lenjongan.

Keseruan Luna Maya dan Nirina Zubir Jajan Lenjongan di Pasar Gede SoloKeseruan Luna Maya dan Nirina Zubir Jajan Lenjongan di Pasar Gede Solo Foto: Instagram @evierosianadewi

Warung lenjongan yang dikunjungi oleh Luna Maya, Marianne dan Nirina Zubir saat itu adalah warung lenjongan Yu Sum yang terkenal di Pasar Gede Solo. Suasana di sana pun seketika menjadi heboh.

Bahkan ada beberapa pengunjung pasar yang mengambil foto. Pasar Gede Solo atau dikenal juga Pasar Hardjonagoro merupakan salah satu landmark yang ikonik di Solo.

Di sana bukan hanya menjadi pusat perekonomian saja, tetapi juga menjadi destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Pasar tersebut sangat legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1923 dan dirikan oleh Pakubuwono X.

Keseruan Luna Maya dan Nirina Zubir Jajan Lenjongan di Pasar Gede SoloKeseruan Luna Maya dan Nirina Zubir Jajan Lenjongan di Pasar Gede Solo Foto: detikcom/Andi Annisa Dwirahmawati

Di Pasar Gede Solo terdapat banyak kuliner khas Solo yang bisa dicicip oleh wisatawan. Mulai dari Tengkleng Pasar Gede, Nasi Liwet Bu Sri, Timlo Sastro, Es Dawet Telasih Bu Dermi dan masih banyak lagi.

Luna Maya, Nirina Zubir dan Marianne bukan hanya mencicipi lenjongan khas Solo, mereka juga mencicipi mie godog, wedang jahe dan es krim saat kunjungannya ke Solo.

Baca Juga: Ini Makanan Enak di Pasar Gede Solo yang Bikin Kangen



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Aneka Jajanan di Pasar Gede"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com