Jajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar Gede

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 30 Mar 2021 10:30 WIB
Jajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar Gede Foto: detikcom/Andi Annisa
Jakarta -

Mampir ke Pasar Gede Solo, kamu bisa cicip beragam kuliner enak. Ada lenjongan seharga Rp 5 ribu racikan Yu Sum yang laris manis.

Pasar Gede Harjonagoro atau lebih dikenal Pasar Gede merupakan salah satu ikon sekaligus pasar tradisional terkenal di Solo. Pasar Gede konon sudah ada sejak tahun 1930 di masa kolonial Belanda.

Dulunya Pasar Gede menjadi tempat perdagangan masyarakat China dan Belanda dengan pribumi. Karenanya mampir ke Pasar Gede kerap jadi agenda wisata pelancong saat ke Solo.

Jajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar GedeJajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar Gede Foto: detikcom/Andi Annisa

detikfood (29/3) menyambangi Pasar Gede di masa pandemi Covid-19. Terlihat pasar yang ada di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo ini menerapkan serangkaian protokol kesehatan untuk pengunjung.

Di bagian depan ada tempat cuci tangan, lalu kios-kios penjual dibatasi tirai plastik untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Pengunjungpun selalu diminta memakai masker.

Menyambangi pasar yang menjadi cagar budaya Solo ini di pagi hari, kami tertarik mencoba lenjongan yang ditawarkan beberapa kios penjual. Lenjongan merupakan sebutan untuk bermacam-macam jajan pasar di Solo.

Baca Juga: Ini Makanan Enak di Pasar Gede Solo yang Bikin Kangen

Jajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar GedeJajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar Gede Foto: detikcom/Andi Annisa

Di lorong kedua sebelah kiri dari arah pintu masuk, kami mendapati ada sekitar 5 penjual lenjongan yang berjualan di satu deret. Mereka masih memiliki hubungan keluarga satu sama lain.

Kami tertarik mencoba lenjongan racikan Yu Sum yang berada di baris paling depan. Sejak pukul 7 pagi, ia tak henti-hentinya melayani pembeli. Kebanyakan pembeli sudah memiliki menu jajan pasar favorit masing-masing.

Kepada detikfood, Yu Ji yang merupakan anak Yu Sum mengatakan membuat sendiri semua jenis jajan pasar sejak pukul 3 subuh. "Ada ketan item, tiwul, cenil, jongkong, uli, getuk tiwul, gatot, sawut, ketan putih, dan klepon," jelasnya sambil melayani pembeli.

Jajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar GedeJajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar Gede Foto: detikcom/Andi Annisa

Harga per porsi lenjongan di sini Rp 5 ribu saja. Pembeli bisa memilih semua jenis secara lengkap atau sesuai selera. Lenjongan bisa dinikmati dengan taburan gula pasir dan saus gula merah. Kios Yu Sum buka mulai pukul 7 pagi hingga 3 sore.

Tiap jajanan pasar ini memiliki cita rasa khas masing-masing. Ada paduan rasa manis gurih dan tekstur empuk yang puaskan selera. Tak ketinggalan rasa pahit yang unik dari gatot.

Dalam sehari, ia bisa menjual lebih dari 250 porsi lenjongan. Karenanya ia bisa menyiapkan masing-masing 5 kg jajanan pasar. Selain lenjongan, di sini Yu Sum juga menjual brambang asem yang sayang dilewatkan.

Baca Juga: Enaknya Camilan dari Kampung yang Dijajakan Sebagai Lenjongan



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Aneka Jajanan di Pasar Gede"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com