Jajanan Kampung

Enaknya Camilan dari Kampung yang Dijajakan Sebagai Lenjongan

Bayu Ardi Isnanto - detikFood Jumat, 11 Okt 2019 11:40 WIB
Foto: Bayu Ardi Isnanto/dok. detikFood Foto: Bayu Ardi Isnanto/dok. detikFood
FOKUS BERITA Jajanan Kampung
Solo - Solo punya sajian jajan kampung yang unik. Beragam jajanan dijajakan dalam satu wadah. Bisa pilih dan beli sesuai selera. Rasanya gurih manis dan harganya murah meriah.

Beragam jajan tradisional itu dikenal sebagai lenjongan. Salah satu penjual lenjongan, Rubinem (52) ada di Pasar Gede, Solo. Ada sekitar 10 macam makanan yang disiapkan, antara lain tiwul, gatot, sawut, ketan ireng, pisang ijo, cenil, jadah dan gethuk.

"Bahannya kebanyakan dari singkong. Kalau tiwul ini dari tepung singkong, lalu gatot, pisang ijo, gethuk ini dari singkong, lalu pati singkong untuk membuat cenil," kata Rubinem.
Enaknya Camilan dari Kampung yang Dijajakan Sebagai LenjonganFoto: Bayu Ardi Isnanto/dok. detikFood

Baca Juga : Hasil Kebun yang Diolah Sederhana, Bikin Kangen yang Menikmatinya

Dengan harga Rp 5 ribu, kamu bisa mendapatkan lenjongan komplet dengan pilihan gula merah atau putih sebagai pelengkapnya. Lenjongan dialasi daun pisang dan dibungkus dengan kertas.

Menurutnya, cara pembuatan lenjongan cukup rumit karena dia harus mengolah beberapa jenis adonan yang berbeda. Adonan yang sudah jadi kemudian dikukus hingga matang.
Enaknya Camilan dari Kampung yang Dijajakan Sebagai LenjonganFoto: Bayu Ardi Isnanto/dok. detikFood

"Sore gitu suami saya sudah mulai menyiapkan adonan. Pagi bangun jam tiga, menyelesaikan makanan lalu berangkat ke pasar," ujar warga Bekonang, Sukoharjo itu.

Lapak Rubinem buka pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB. Namun tak jarang dia tutup pukul 17.00 WIB atau lebih jika ada pesanan.
Enaknya Camilan dari Kampung yang Dijajakan Sebagai LenjonganFoto: Bayu Ardi Isnanto/dok. detikFood

"Sering dapat pesanan dari hotel-hotel di Solo. Setiap hari pasti ada, paling tidak pesan satu tampah, harganya Rp 75 ribu," ujarnya.

Rubinem sudah 25 tahun berjualan lenjongan. Dia sebelumnya belajar dari ibunya yang dahulu berjualan lenjongan di Bekonang. Enaknya beli lenjongan di lapak bu Rubinem ini bisa pilih-pilih yang disukai. Taburan kelapa parut dan saus gula merah atau taburan gula pasir bisa jadi pelengkap jajanan enak murah ini.

Baca Juga : Kembang Goyang dan Akar Kelapa, Jajanan Kampung yang Jadi Ikon Betawi

Simak Video "Lezat Menggoda Nasi Uduk Pulen Dipadu dengan Cumi Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Kampung