Jajanan Kampung

Hasil Kebun yang Diolah Sederhana, Bikin Kangen yang Menikmatinya

Riska Fitria - detikFood Senin, 07 Okt 2019 17:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Kampung
Jakarta - Bahannya sederhana dari hasil kebun. Tetapi jajanan yang autentik dan unik rasanya bisa bikin kangen kampung halaman. Ada beberapa yang masih populer.

Disebut makanan kampung, karena memang merupakan makanan tradisional yang biasa dikonsumsi oleh orang kampung. Meskipun sederhana, tetapi tetap jadi favorit orang hingga kini.

Setiap daerah di Indonesia punya makanan tradisional yang khas. Mulai dari makanan pokok, minuman hingga camilan. Kuliner tradisional tersebut sering mendapat sebutan sebagai makanan kampung.
Foto: iStock

Itu karena dibuat dari bahan-bahan yang sederhana dan diambil dari hasil kebun sekitar. Seperti singkong, ubi, sagu, kelapa, tepung beras, tepung ketan, dan kacang-kacangan. Maka tak heran harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Makanan kampung tak hanya dijadikan sebagai menu sehari-hari masyarakat kampung. Kini juga banyak industri-industri yang memproduksi makanan kampung untuk ditawarkan kepada orang-orang yang tinggal di kota-kota besar, baik itu industri besar maupun industri rumahan.

Bahkan tak sedikit yang membuat inovasi makanan dengan gaya kekinian, tanpa menghilangkan kekhasan makanan itu sendiri. Pada ulasan detikFood kali ini akan membahas tentang serba-serbi makanan kampung.
Foto: iStock

Mulai dari yang olahan singkong yang populer di Jawa, seperti Tiwul, Sredek, Timus, Gatot, Getuk. Kemudian olahan sagu khas Ambon seperti Sinoli, Sagu Bakar, Bagea Sagu Lampeng.

Baca Juga : Ini 7 Jajan Pasar Khas Jawa yang Umum Disajikan Dalam Tampah

Olahan dari tepung ketan dan tepung beras hingga makanan ekstrim yang terbuat dari serangga dan binatang yang hidup di alam sekitar. Seperti ulat sagu, ulat bambu, tutut, belalang dan lainnya.

Selain memperkenalkan jenis makanannya, ada juga informasi mengenai proses pembuatannya. Mulai dari yang sederhana hanya dengan merebus, mengukus, dan fermentasi hingga jadi makanan yang lebih enak.
Hasil Kebun yang Diolah Sederhana, Bikin Kangen yang MenikmatinyaFoto: iStock

Para penjual jajanan kampung juga punya cerita. Ada pula cerita menarik dari penjual makanan kampung, dan bagaimana penjual tersebut melakukan inovasi pada makanan kampung yang dibuatnya.

Inovasi tersebut dilakukan dengan menambahkan beberapa bahan atau dengan mengemas menjadi lebih menarik. Selama ini makanan kampung umumnya dikemas dengan sederhana menggunakan daun pisang, daun jati, bambu atau pelepah kelapa.
Hasil Kebun yang Diolah Sederhana, Bikin Kangen yang MenikmatinyaFoto: iStock

Kini banyak pedagang yang menggunakan kertas pembungkus, kotak hingga tampah kekinian hingga lebih menarik. Mau beli jajanan kampung? Ada beberapa tempat yang bisa disambangi. Baik toko online maupun industri rumahan.

Meskipun dikenal sebagai makanan kampung, tetapi tidak membuat makanan tersebut menjadi kampungan. Justru makanan kampung sekarang banyak dicari orang-orang yang rindu akan kampung halaman.

Baca Juga : Dipadukan dengan Pisang Masak, 7 Jajan Pasar Ini Jadi Legit Enak

Simak Video "Resep Donat Isi Selai"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Kampung