Saingan Croffle, Dua Gerai Donat Ini Perkenalkan Doffle Buat Teman Ngopi

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 24 Agu 2021 15:30 WIB
Doffle dari Dua Gerai Donat, Dunkin Donuts Vs Krispy Kreme Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Croffle sedang menjadi tren di Indonesia. Tak mau kalah, dua gerai donat ini menawarkan doffle atau donat waffle. Seperti apa tampilan dan rasa dari doffle itu?

Tren makanan baru di Indonesia saat ini adalah croffle. Berupa croissant yang dicetak menggunakan cetakan khusus waffle. Sebelum menjadi tren di Indonesia, croffle sangat populer di Korea.

Croffle biasanya dibuat dengan tambahan gula atau bubuk kayu manis. Banyak juga gerai croffle yang menawarkan dengan saus cocolan hingga es krim.

Tak hanya croissant saja yang bisa dicetak menjadi bentuk waffle. Banyak netizen yang membuat dengan nasi goreng, burger, cireng, hingga donat.

Doffle dari Dua Gerai Donat, Dunkin' Donuts Vs Krispy KremeDoffle dari Dua Gerai Donat, Dunkin' Donuts Vs Krispy Kreme Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Ide tersebut lalu digunakan oleh dua gerai donat terkenal di Indonesia yaitu Dunkin' Donuts dan Krispy Kreme. Keduanya mengeluarkan menu doffle atau donat waffle. Awalnya, Dunkin' Donuts terlebih dulu yang menawarkan, kemudian disusul Krispy Kreme.

Penasaran dengan tampilan rasa doffle dari dua gerai tersebut, detikFood berhasil memesannya dari aplikasi ojek online. Masing-masing doffle tersedia 3 buah dalam satu paketnya.

Baca Juga: Bukan Prank! Subway Bakal Buka Kembali Gerai di Indonesia

Berikut tampilan dan rasa dari doffle.

1. Doffle dari Dunkin' Donuts

Doffle dari Dua Gerai Donat, Dunkin' Donuts Vs Krispy KremeDoffle dari Dua Gerai Donat, Dunkin' Donuts Vs Krispy Kreme Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Gerai donat pertama yang mengeluarkan doffle adalah Dunkin' Donuts. Pertama kali diuji coba lewat gerai mereka yang berada di Bandung, Jawa Barat. Doffle ditawarkan dengan jumlah terbatas dan harus melalui sistem pre-order (PO).

Setelah itu, baru sekitar seminggu ini doffle akhirnya bisa ditemui di gerai Dunkin' Donuts yang ada di Jakarta dan beberapa kota lainnya. Kami memesan satu paket doffle via aplikasi ojek online seharga Rp 45.100 dan mendapatkan 3 buah doffle.

Ada 3 rasa doffle yang ditawarkan yaitu original, keju, dan cinnamon. Namun, kami hanya mendapatkan 2 rasa yaitu original dan cinnamon saja. Ukuran donat yang dijadikan waffle ini cukup besar dan saat pesanan kami sampai doffle masih dalam keadaan hangat.

Karena dibuat dari bahan pastry yang fresh, tekstur doffle ini sangatlah lembut. Rasa original berupa sugar glazed dan rasanya pas. Berpadu baik dengan tekstur doffle yang lembut. Rasa cinnamon juga nikmat karena taburan bubuk kayu maninya yang cukup banyak.

Menurut kami, rasa doffle dari Dunkin' Donuts sangatlah enak dan cocok dinikmati bersama kopi hangat saat sarapan. Kami hanya menyayangkan doffle tersebut ditumpuk dalam satu kemasan.

Baca Juga: Nasi Goreng Indonesia Jadi Tantangan di MasterChef Turki, Peserta Bingung

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Icip-icip Croffle, Kudapan yang Manis dan Lezat "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com