ADVERTISEMENT

5 Fakta Makanan Khas Afghanistan yang Menarik Diketahui

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 19 Agu 2021 10:30 WIB
Indian meat fry served on plate.
Foto: Getty Images/iStockphoto/SUSANSAM

2. Manfaatkan Hasil Bumi sebagai Bahan Makanan Pokok

Sebagian besar masakan khas Afghanistan terbuat dari bahan-bahan nabati hasil bumi. Misalnya gandum, jagung, barley hingga beras. Hal ini disebabkan oleh hasil bumi negara Afghanistan yang melimpah dan lebih mudah didapatkan oleh masyarakat Afghanistan.

Salah satu olahannya yang dinobatkan sebagai hidangan nasional Afghanistan bahkan terbuat dari nasi. Bernama kabuli palaw, hidangan ini sekilas terlihat mirip dengan nasi biryani. Berbeda dengan nasi biryani, kabuli palaw justru cenderung lebih ringan rasa rempah-rempah dan campuran bumbunya.

Ciri khas dari kabuli palaw ini adalah dari jenis berasnya yang menggunakan beras basmati serta jenis kaldu campurannya yang terbuat dari kaldu domba. Rasa dari kabuli palaw ini cenderung gurih dan sedikit berlemak karena nasi basmati yang dimasak dengan rempah akan disajikan bersama dengan daging selagi hangat.

3. Gemar Makan Daging Kambing

close-up of delicious marinated meat.Foto: iStock

Iklim yang cenderung panas membuat budidaya sapi di Afghanistan cukup sulit dilakukan oleh penduduk Afghanistan. Kambing menjadi satu-satunya hewan yang paling cocok dibudidaya dan berkembang biak di Afghanistan dengan kondisi iklim yang sangat panas saat musim panas dan akan dingin membeku saat musim salju.

Alasan kambing menjadi hewan yang paling tahan dengan iklim di Afghanistan ini membuat harga daging kambing lebih murah dan jumlahnya lebih banyak. Hampir di setiap sajian hidangan Afghanistan yang menggunakan daging sebagian besar pasti menggunakan daging kambing atau domba.

Daging kambing atau domba ini biasanya diolah menjadi bola-bola daging atau akan diasinkan selama beberapa jam hingga teksturnya empuk. Salah satu cara populer untuk menikmati daging kambing di Afghanistan ini adalah diolah menjadi kebab atau disajikan bersama rotinaan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT