Bule Kanada Kepincut Enaknya Tahu Tek Buatan Orang Jawa

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 13 Agu 2021 10:30 WIB
Bule Kanada Ciicp Tahu Tek-tek Foto: YouTube BNay Channel
Jakarta -

Orang Jawa yang tinggal di Kanada, Amerika Serikat ini sering memperkenalkan makanan Indonesia kepada teman-teman bulenya. Kali ini tahu tek khas Surabaya..

Banyak orang Indonesia yang tinggal di luar negeri membuat vlog untuk membagikan aktivitas mereka tinggal di sana. Tak hanya itu, mereka juga kerap memperkenalkan budaya atau makanan Indonesia kepada warga asing di sekitarnya.

Seperti YouTuber bernama Nay dalam BNay Channel miliknya ini yang tampak rutin mengenalkan makanan khas Indonesia kepada teman-temannya itu. Tak hanya makanan Indonesia yang populer, tapi yang tradisional sekalipun.

Baca Juga: Cuma Rp 500, Bisa Beli Martabak Jadul yang Bikin Nostalgia

Belum lama ini, Nay mengunggah sebuah video yang menunjukkan reaksi bule-bule Kanada itu mencicipi tahu tek khas Surabaya buatannya. Sebelum meminta teman-temannya untuk mencicipi, Nay juga memperlihatkan prosesnya dalam memasak tahu tek-tek itu.

Bule Kanada Ciicp Tahu Tek-tekBule Kanada Ciicp Tahu Tek-tek Foto: YouTube BNay Channel

"Jadi hari mbak Nay itu masak tahu tek-tek dari Suroboyo rek, weh enak tenan iki!" ujarnya.

Ia membuat sendiri sambal kacangnya terlebih dahulu. Nay juga menambahkan petis ke dalam sambal kacang buatannya agar rasanya mirip sepeti tahu tek asli Surabaya.

Bahan campuran tahu tek yang ia siapkan adalah tahu goreng yang dimasak lagi bersama telur. Lalu ada juga kentang rebus, tauge rebus, potongan mentimun segar. Di atasnya juga ditambahkan kecap manis dan kerupuk.

Bule Kanada Ciicp Tahu Tek-tekBule Kanada Ciicp Tahu Tek-tek Foto: YouTube BNay Channel

Setelah tahu tek siap, Nay langsung menyajikannya untuk bule-bule Kanada temannya yang berjumlah 5 orang. Nay menjelaskan ke teman-temannya itu kalau tahu tek berasal dari Jawa Timur dan ia juga menyebutkan campuran bahan dari hidangan itu.

Bule-bule Kanada inipun mencicipinya secara perlahan. Ada salah satu bule yang mengatakan kalau melihat dari tampilannya, mungkin ia tak akan memesan tahu tek itu saat nantinya berlibur ke Indonesia. Tapi, setelah mencobanya bule ini mengatakan kalau rasanya sangat enak.

Baca Juga: 5 Bisnis Kuliner Raffi Ahmad dan Nagita yang Bangkrut, Ada Kue hingga Mie!

"Aku mau jujur nih, kalo aku liburan di Indonesia kemungkinan besar nggak akan pesan makanan ini. Tapi setelah aku mencobanya, ini sangat enak!" ujar bule bernama Gabe.

Salah seorang bule bernama Sean juga mengomentari rasa dari tahu tek itu. Ia sangat terkejut kalau tahu bisa dimasak seperti ini.

Bule Kanada Ciicp Tahu Tek-tekBule Kanada Ciicp Tahu Tek-tek Foto: YouTube BNay Channel

"Aku surprise dari tahunya dicampur dicampur sama telor kayak gitu. Aku nggak tau kalau tahu bisa dimasak gini," komentar Sean.

"Yang jadi favorit dari makanan ini adalah teksturnya. Berbagai jenis tekstur tercampur di sini, saling bertarikan satu sama lain. Ini pokoknya favoritku banget!" lanjutnya.

Tak hanya mereka yang memberikan komentar, tiga bule Kanada lainnya juga menyukai tahu tek khas Surabaya itu. Kebanyakan dari mereka menyukai teksturnya dan saus kacangnya. Bule-bule Kanada ini memberikan nilai 9 sampai 10 untuk tahu tek.

Baca Juga: 5 Sayuran Ini Bantu Sehatkan Pernapasan dan Redakan Asma



Simak Video "Antusias Bule Belajar Masak Pecel Pitik dan Klepon"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com