Cuma Rp 500, Bisa Beli Martabak Jadul yang Bikin Nostalgia

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 10 Agu 2021 17:39 WIB
Martabak Rp 500 yang Bikin Nostalgia Foto: Instagram @nantikitamakanini
Jakarta -

Harga martabak termurah biasanya dibanderol Rp 2 ribu atau Rp 3 ribu dengan ukuran mini. Tapi, penjual martabak ini hanya menjualnya dengan harga Rp 500 lho!

Martabak adalah jajanan favorit orang Indonesia. Ada dua tipe martabak, yaitu martabak manis dan martabak telur yang gurih dengan isian daging cincang.

Jajanan ini biasanya ditawarkan di pinggir jalan menggunakan gerobak atau kios. Harga martabak manis beragam, biasanya dibanderol mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 100 ribuan.

Ada juga martabak manis yang murah harganya, namun berukuran mini. Harga yang ditawarkan biasanya sekitar Rp 2 ribuan. Namun, baru-baru ini diketahui ada martabak manis yang dijual dengan harga Rp 500 saja.

Martabak Rp 500 yang Bikin NostalgiaMartabak Rp 500 yang Bikin Nostalgia Foto: Instagram @nantikitamakanini

Baca Juga: Muslim Boleh Makan Babi Asalkan Berada dalam Kondisi Ini

Lewat video yang dibagikan oleh seorang foodies dengan akun Instagram @nantikitamakanini (4/8), ada seorang penjual martabak manis yang menawarkan per potongnya Rp 500. Memang bukan seperti martabak manis pada umumnya, namun martabak jadul yang dulu banyak ditawarkan di depan sekolahan.

Tampilan dari martabak jadul Rp 500 sangat berbeda dengan aslinya yang tebal dan memiliki topping melimpah. Martabak jadul yang murah ini memiliki warna yang pucat dan sudah dipotong-potong berukuran kecil.

Martabak Rp 500 yang Bikin NostalgiaMartabak Rp 500 yang Bikin Nostalgia Foto: Instagram @nantikitamakanini

Satu potongan kecil itulah yang bisa kamu beli dengan harga Rp 500. Penjualnya juga tidak menggunakan gerobak, melainkan pikulan. Martabak dengan potongan yang kecil itu disusun rapi dalam wadah plastik.

Martabak jadul ini tampaknya juga tidak memiliki isian di bagian dalamnya. Saat menyajikannya, pedagang meletakkannya terlebih dahulu ke dalam plastik berisikan gula halus.

Sekilas cara menyajikannya seperti donat kampung. Lalu, penjual juga menambahkan susu kental manis rasa cokelat dan margarin di atas potongan martabak itu.

Baca Juga: 5 Sayuran Ini Bantu Sehatkan Pernapasan dan Redakan Asma

Kepada detikFood (9/8), Rio menjelaskan lokasi penjual martabak jadul itu berada di sekitar kawasan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat. Rio juga menjelaskan tak ada minimal harga untuk membeli martabak jadul murah itu.

Martabak Rp 500 yang Bikin NostalgiaMartabak Rp 500 yang Bikin Nostalgia Foto: Instagram @nantikitamakanini

"Kayaknya Rp 500 bisa. Soalnya si abang bilang satunya Rp 500," ujar Rio kepada detikFood (9/8).

Video milik Rio ini ternyata menarik perhatian netizen, terbukti dengan jumlah views mencapai 183 ribu kali. Banyak juga netizen yang bernostalgia di kolom komentarnya.

"Jarang banget nih sekarang!" komentar netizen.

"Di tempat saya namanya kue bulan," sahut netizen lain.

"Masih suka lewat woy di daerah rumah gue. Rasanya masih sama aja kayak dulu waktu jaman SD," ujar netizen lain.

Baca Juga: 5 Bisnis Kuliner Raffi Ahmad dan Nagita yang Bangkrut, Ada Kue hingga Mie!



Simak Video "Masak Masak: Resep Martabak Burger dari Kulit Lumpia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com