Hemat Banget! Wanita Ini Belanja Sayuran Rp 50 Ribu Untuk Seminggu

Devi Setya - detikFood Sabtu, 07 Agu 2021 12:30 WIB
Hemat Banget! Wanita Ini Belanja Sayuran Rp 50 Ribu Untuk Seminggu Foto: instagram @gita_marshella
Jakarta -

Menjadi seorang istri harus pandai mengalokasi uang belanja. Salah satu caranya dengan berhemat saat belanja bahan makanan.

Beberapa suami pernah curhat soal istrinya yang dianggap boros ketika belanja bahan makanan. Tapi lain bagi wanita bernama Gita Marshella, ia justru bisa memanfaatkan uang Rp 50 ribu untuk belanja sayuran yang akan dikonsumsi selama seminggu.

Lewat akun instagramnya @gita_marshella, ibu satu anak ini membagikan pengalamannya belanja sayuran dengan uang Rp 50 ribu. Gita menunjukkan ia bisa membeli sayur asem, toge, kangkung, caisim, jagung, buncis, tahu, tempe bahkan bumbu dapur.

"Belanja Sayur 50rb untuk Seminggu (2 dewasa 1 anak)," tulis Gita pada postingan videonya (28/7).

Hemat Banget! Wanita Ini Belanja Sayuran Rp 50 Ribu Untuk SemingguHemat Banget! Wanita Ini Belanja Sayuran Rp 50 Ribu Untuk Seminggu Foto: instagram @gita_marshella

Di sini Gita juga menuliskan secara rinci jenis sayuran dan harganya. Misalnya sayur sop Rp 5000, sayur asem Rp 5000, kangkung 2 ikat Rp 2000, jagung 2pcs Rp 4000, kacang panjang Rp 3000, tempe Rp 6000, tahu 10 pcs Rp 4000.

Semua yang dibeli dengan uang Rp 50 ribu ini memang hanya jenis sayuran dan sumber protein nabati. Tidak ada daging, ayam ataupun ikan karena Gita mengaku masih memiliki stok di rumahnya.

"Sembako (beras, minyak, dll) dan telor. Alhamdulillah ada yang ngasih. Bawang cabe juga masih ada stok. Protein pakai telor, tahu tempe dan daging qurban. Oh iyaa kalo diselingi dengan menu daging qurban in syaa Allah bisa untuk seminggu lebih. Sarapan simpel aja kayak telor atau nasgor dan suami makan siang di tempat kerja yaa," beber Gita.

Dikonfirmasi detikcom (6/8) Gita mengangkat pengalamannya belanja sayuran murah ini bukan untuk pamer. Namun ia juga menegaskan kalau budget belanjanya tidak untuk dibanding-bandingkan, melainkan hanya berbagi informasi saja.

Banyak netizen yang tak percaya dengan alokasi belanja sayuran yang dibeberkan Gita. Misalnya untuk kangkung, banyak yang tak percaya kalau satu ikat kangkung harganya Rp 1000.

"Kangkung dapet gitu bu 2000 2 ikat?" tanya netizen.

"Aku hidup di desa tapi kok ga mungkin ya 50 ribu buat seminggu," tulis netizen lain.

"Tadinya mau protes.. tp baca lagi ehhh ternyata sayur doang gak pake ikan, daging, ayam, dll.. gak jadi protes lahhh," sahut netizen lain.

Hemat Banget! Wanita Ini Belanja Sayuran Rp 50 Ribu Untuk SemingguHemat Banget! Wanita Ini Belanja Sayuran Rp 50 Ribu Untuk Seminggu Foto: instagram @gita_marshella

Gita juga menjelaskan kalau harga ini berlaku di pasar dekat rumahnya Pasar At-Taufiq Bekasi Utara.

Bahkan untuk menjawab pertanyaan netizen, Gita sampai membuktikan dengan membuat video ketika ia membeli kangkung. Dalam videonya terekam ia memang benar membeli kangkung seharga Rp 1.000 per ikat, namun dengan ukuran ikat kecil.

Nah, kalau kamu berapa nih budget belanja mingguannya?



Simak Video "Melihat Gudang Distributor Sayur dan Buah Online di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com