Hemat! Ibu Ini Buktikan Hanya Habiskan Rp 10 ribuan untuk Sekali Masak

Riska Fitria - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 11:00 WIB
Hemat! Ibu Ini Buktikan Hanya Habiskan Rp 10 ribuan untuk Sekali Masak Foto: TikTok @s.adindarara
Jakarta -

Seorang ibu rumah tangga membuktikan masih bisa memasak enak dan hemat di tengah pandemi. Untuk sekali masak ia hanya menghabiskan uang Rp 10 ribuan saja.

Dalam rumah tangga, uang belanja terkadang menjadi sebuah masalah. Banyak kejadian di mana istri merasa bahwa uang belanja yang diberikan oleh sang suami dinilai jauh dari kata cukup.

Mengingat keperluan sehari-hari dalam rumah tangga terbilang banyak. Apalagi dengan kondisi di tengah pandemi seperti ini. Tak sedikit orang yang mengalami penurunan pendapatan.

Baca Juga: 5 Curhatan Viral soal Uang Belanja Istri, Ada yang Bikin Geram!

Hemat! Ibu Ini Buktikan Hanya Habiskan Rp 10 ribuan untuk Sekali MasakHemat! Ibu Ini Buktikan Hanya Habiskan Rp 10 ribuan untuk Sekali Masak Foto: TikTok @s.adindarara

Namun, seorang ibu rumah tangga yang satu ini justru membuktikan bahwa dirinya tetap bisa memasak berbagai hidangan dengan harga yang lebih hemat. Hidangannya lengkap mulai dari lauk hingga sayur.

Ia adalah Adinda Rara, seorang wanita yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Namun kini, i abersama suami dan anaknya tinggal di kawasan Tangerang.

Hal tersebut dibuktikan lewat video TikToknya dengan akun @s.adindarara (15/07). Dalam videonya ia menceritakan bahwa dalam sekali masak ia hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 10 ribuan.

Hemat! Ibu Ini Buktikan Hanya Habiskan Rp 10 ribuan untuk Sekali MasakHemat! Ibu Ini Buktikan Hanya Habiskan Rp 10 ribuan untuk Sekali Masak Foto: TikTok @s.adindarara

Dalam video tersebut wanita bernama Adinda Rara itu memasak bakwan tahu dan sayur bening. Ia juga merinci biaya yang dikeluarkan. Mulai dari 1 buah tahu Rp 2 ribu, 1 butir telur Rp 2 ribu, daun bawang dan sosis Rp 2 ribu.

Sementara untuk membeli sayur bayam dan jagung untuk dijadikan sayur bening seharga Rp 3 ribu. Dengan belanjaan tersebut hidangan yang dibuat juga memiliki porsi yang cukup untuk keluarga kecilnya.

Kepada detikcom (19/07) Adinda mengatakan bahwa tujuan ia membuat video adalah untuk mengajak orang untuk berhemat di tengah pandemi. Namun, banyak netizen yang salah paham dengan videonya.

Hemat! Ibu Ini Buktikan Hanya Habiskan Rp 10 ribuan untuk Sekali MasakHemat! Ibu Ini Buktikan Hanya Habiskan Rp 10 ribuan untuk Sekali Masak Foto: TikTok @s.adindarara

"Banyak yang anggap kalau yang Rp 10 ribu itu uang belanja dari semua. Maksud aku itu adalah uang Rp 10 ribu itu budget aku buat sekali masak untuk lebih hemat," ujarnya.

"Kondisi lagi PPKM seperti ini saya suka sedih melihat kondisi di sekeliling saya, misalnya tetangga gitu yang gak punya penghasilan tetap karena pandemi. Jadi aku bikin kaya gitu ngajak untuk berhemat di tengah pandemi," sambungnya.

Lebih lanjut, ia juga menyakinkan bahwa tetap bisa memasak hidangan enak meski dengan biaya terbatas. Kuncinya adalah menyiapkan porsi makanan yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

"Kayak tahu itu kan seharusnya 5 ribu dapat dua, tapi sekali masak itu aku pakai satu ya kira-kira 2 ribu harganya," ujar Rara.

@s.adindarara

Gak bole mengeluh kalau dah nikah defisini istri menerima apa adanya 🤣 masak beginian ya bun #fyp #fypシ #foryourpage #masak

♬ atin tampan - atin

Video tersebut pun banyak ditanggapi oleh netizen. Ternyata banyak netizen yang telah membuktikan bahwa dengan biaya Rp 10 ribu untuk sekali masak bisa membuat hidangan enak untuk keluarganya.

"Kadang aku cuma Rp 5 ribu, alhamdulillah bisa beli tahu satu bungkus isi 6 Rp 3 ribu, kerupuk Rp 2 ribu, tahunya dihalusin terus digoreng jadinya banyak," tulis netizen.

"Iya bener bisa kok masak enak meski cuma Rp 10 ribu. Asal suami juga nerimain ya, kadang suka ada yang protes tapi gak nyadar uang belanja yang dikasih berapa," tulis netizen lainnya.

Sebab tak sedikit juga kejadian di mana sang suami merasa tak terima dibuatkan masakan sederhana. Itu karena mereka merasa sudah memberikan uang belanja dengan nominal yang cukup.

Seperti yang juga viral di media sosial seorang suami menyampaikan kekecewaannya ketika dibuatkan sayur tauge dan tahu oleh istrinya. Banyak netizen yang menghujat sang suami dan menyebutnya tak tahu diri.

"Dikasih uang belanja seminggu Rp 50 ribu, cuma dikasih sayur. nasib-nasib," tulisnya dalam caption.

Baca Juga: Beri Uang Belanja Rp 50 Ribu Seminggu, Suami Ini Kesal Hanya Disajikan Tempe



Simak Video "Melihat Gudang Distributor Sayur dan Buah Online di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com