Duh! Niat Hemat Beli Kepiting Diskon, Malah Tertipu Rp 202 Juta

Sonia Basoni - detikFood Senin, 19 Apr 2021 18:00 WIB
Duh! Niat Hemat Beli Kepiting Diskon, Malah Tertipu Rp 202 Juta Foto: AsiaOne/detikFood
Jakarta -

Seorang pria tergiur dengan harga murah dua kepiting yang sedang diskon. Tetapi ia malah mengakami apes tertipu ratusan juta rupiah.

Berawal dari iklan yang dilihatnya di Instagram, korban penipuan online tak sadar kehilangan ribuan dollar di akun banknya.

Baca Juga: 5 Momen Belanja Online Tak Sesuai Ekspektasi Ini Bikin Ngenes!

Dilansir dari AsiaOne (19/04), awalnya seorang pria asal Singapura yang memilih tidak menyebutkan namanya ini. Melihat iklan kepiting. Iklan kepiting itu menawarkan harga SGD 9.90 (Rp 100.000), untuk dua kepiting berukuran besar. Lengkap dengan ongkos pengiriman gratis.

Duh! Niat Hemat Beli Kepiting Diskon, Malah Tertipu Rp 202 JutaDuh! Niat Hemat Beli Kepiting Diskon, Malah Tertipu Rp 202 Juta Foto: AsiaOne/detikFood

Tentu saja harga itu sangat murah, dibandingkan harga kepiting di pasaran yang bisa mencapai ratusan ribu per ekornya. Tergiur dengan harga yang murah, pria ini langsung membeli dua kepiting itu.

Ia tidak curiga sama sekali, karena iklan itu memasang logo salah satu restoran delivery kepiting terkenal yaitu 8 Crabs. Sebelumnya pria ini sudah pernah memesan kepiting di sana, jadi ia semakin yakin dengan iklan tersebut.

Akan tetapi keanehan mulai terjadi. Ketika dia tengah memesan online di situs kepiting, tiba-tiba muncul tanda error. Setelah ia memasukkan nomor kartu kredit dan passwordnya.

Tak lama setelah itu, ia menerima SMS dari kartu kredit yang mengabarkan transaksi via Apple Pay. Sadar bahwa ada yang tak beres, ia langsung menghubungi pihak bank tapi sayangnya terlambat.

Kartu kreditnya sudah dibobol sebanyak SGD 18,579 (Rp 202 juta).

Duh! Niat Hemat Beli Kepiting Diskon, Malah Tertipu Rp 202 JutaDuh! Niat Hemat Beli Kepiting Diskon, Malah Tertipu Rp 202 Juta Foto: AsiaOne/detikFood

"Kartu kredit saya punya limit sampai SGD 20,000 (Rp 218 juta). Hampir semua limitnya dikuras oleh penipu tersebut. Awalnya saya ingin berhemat beli kepiting murah, tapi saya malah kehilangan uang sebanyak ini. Saya bahkan tidak makan kepiting sama sekali," ungkapnya.

Pria ini sudah melaporak penipuan ini ke pihak berwajib. Pihak restoran 8 Crabs juga meminta maaf, karena mereka tidak tahu tentang logo restoran yang dipakai untuk penipuan.

Sementara pihak bank menuturkan bahwa pria ini kemungkinan besar tidak akan mendapatkan uangnya kembali. Karena pria itu sudah memasukkan kode password kartu kreditnya.

Pihak 8 Crabs dan kepolisian turut menyebarkan informasi penipuan. Agar para penggemar kepiting di Singapura tidak mengalami hal yang sama.

Baca Juga: Apes! Beli Kulkas di Toko Online yang Datang Malah Koran Bekas



Simak Video "Gurih Lezat Kepiting Caramelize"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com