Jualan Cilok Berdandan Kayak Pejabat, Lutfi Raih Omzet Besar

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 13:00 WIB
Jualan Cilok Berdandan Kayak Pejabat, Lutfi Raih Omzet Besar Foto: instagram @sandiuno/ instagram @taufanrahmadi
Jakarta -

Penjual cilok satu ini berdandan ala pejabat, mengenakan jas dan dasi rapi. Ia berhasil menarik perhatian dan meraih omzet besar. Ini kisahnya.

Masa pandemi corona membuat pria bernama Lutfi jadi kreatif. Ia berjualan cilok mengenakan setelan jas dan dasi ala pejabat. Idenya ini kemudian mendapat apresiasi dan pujian dari Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno.

Lutfi adalah penjual cilok di NTB, ia punya tampilan berbeda dan agak sedikit nyentrik. Pakaiannya mirip pejabat, dengan setelan kemeja dan jas rapi, celana bahan dan sepatu kantoran. Ia juga mengenakan dasi dan peci layaknya pejabat berpakaian necis.

Jualan Cilok Berdandan Kayak Pejabat, Lutfi Raih Omzet BesarJualan Cilok Berdandan Kayak Pejabat, Lutfi Raih Omzet Besar Foto: instagram @taufanrahmadi

Penampilan Lutfi ini bukan untuk duduk di kursi pemerintahan tapi untuk berjualan cilok. Cara ini dilakoninya untuk tetap bertahan di masa pandemi corona.

Lewat tayangan IGTV dalam akun instagram @taufanrahmadi, Lutfi menjelaskan kalau idenya ini datang dari sang kakak. Kakaknya menyarankan agar Lutfi berjualan mengenakan jas ala pejabat.

"Idenya itu dari kakak saya. Dia kerja di salon, dibilang 'kamu jualan pakai jas aja, di Jakarta sudah banyak yang pakai kostum unik, di sini belum ada," ujar Lutfi menirukan kalimat sang kakak.

Sebelum turun ke jalan dengan dandanan ala pejabat, Lutfi lebih dulu ke salon kakaknya untuk didandani supaya tampil rapi dan necis. Ia juga sengaja membeli setelan jas lengkap yang kini digunakan untuk berjualan.

Benar saja, omzet jualan cilok Lutfi mengalami kenaikan setelah ia jualan menggunakan jas.

"Alhamdulillah sejak pakai jas ada kemajuan. Dari masyarakat sangat mensupport sekali," kata Lutfi.

Kepada detikcom (4/8) Taufan yang berbincang singkat dengan Lutfi ini mengatakan langsung memborong cilok dan menikmati jajanan khas Bandung ini. Ia juga mengakui kalau rasa cilok ini enak.

"Kita doakan Lutfi ini makin sukses, laris ciloknya. Sekarang kita nikmati ciloknya. Enak guys, kejar Lutfi. Ini ciloknya enak," kata Taufan.

Ide cerdas Lutfi ini juga mendapat apresiasi dari Sandiaga Uno yang secara khusus menghubunginya lewat sambungan video call. Sandi memuji aksi Lutfi yang kreatif.

"Berhasil kreatif di masa pandemi, omzet jualan cilok Pak Lutfi meningkat," tulis Sandi dalam caption unggahan IGTVnya (3/8).

Jualan Cilok Berdandan Kayak Pejabat, Lutfi Raih Omzet BesarJualan Cilok Berdandan Kayak Pejabat, Lutfi Raih Omzet Besar Foto: instagram @sandiuno/ instagram @taufanrahmadi

Dalam kesempatan ini, Lutfi bertanya soal bagaimana cara meningkatkan pendapatan serta fasilitas pelayanan dari pemerintah. Ia hanya berharap agar pelaku UMKM seperti dirinya bisa lebih sejahtera.

Pertanyaan ini dijawab langsung oleh Sandi dengan berbagai program pemerintah yang akan diberikan khusus untuk para pelaku UMKM, termasuk Lutfi.

Lutfi mengaku sebelum mengenakan jas pejabat, omzet jualan ciloknya Rp 200 - Rp 300 ribu dalam sehari. Namun ketika sudah mengenakan jas ala pejabat, omzetnya naik dua kali lipat.


Lutfi berjualan cilok setiap hari mulai pukul 17.00. Ia membawa dagangannya menggunakan sebuah motor tua yang sudah dipakai sejak tahun 1997.



Simak Video "Icip-icip Cilok Goang yang Hits di Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com